Profil Thomas Rowe Price Jr, Sang Pelopor Growth Investing

Price meninggal pada tahun 1983, setelah itu keluarga Price tidak lagi mengambil bagian dalam menjalankan perusahaan.
Thomas Rowe Price (Foto: Kiplinger)

Jakarta - Thomas Rowe Price Jr. adalah pendiri T. Rowe Price, sebuah perusahaan investasi milik publik Amerika, yang didirikan pada tahun 1937 dan berkantor pusat di Baltimore, Maryland. 

Perusahaan menawarkan reksa dana, layanan subadvisory, dan manajemen akun terpisah untuk individu, institusi, rencana pensiun , dan perantara keuangan. Bersama dengan Philip Fisher, Price adalah pendukung awal strategi investasi pertumbuhan .

Price lahir pada 16 Maret 1898 dari pasangan Thomas Rowe Price Sr. dan Ella Stewart Black, di Glyndon, Maryland , dekat Baltimore. Ayahnya adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, begitu pula kakeknya Benjamin F. Price. Thomas Sr. menjabat sebagai ahli bedah untuk Western Maryland Railroad selama beberapa dekade serta "dokter pedesaan" lokal untuk Glyndon, dan merupakan dokter yang merawat saat melahirkan anak-anaknya sendiri. 

Ibu Price Ella adalah putri Samuel Black, seorang pembangun dan kontraktor terkemuka di Baltimore, dan bibi dari S. Duncan Black , salah satu dari dua pendiri perusahaan alat listrik Black and Decker yang berbasis di Towson, Maryland.

Price bersekolah di Glyndon School di Glyndon, Maryland, serta Franklin High School di tempat yang sekarang bernama Reisterstown, Maryland , dan, secara singkat, Friends School of Baltimore . Pada tahun 1919, ia menerima gelar sarjana kimia dari Swarthmore College , di mana ia menjadi anggota persaudaraan Delta Upsilon . 

Pada tahun 1927, Price menikah dengan Eleanor Baily Gherky, berasal dari Philadelphia, Pennsylvania , yang kemudian menghadiri Goucher College di Baltimore. Ayah Eleanor, William D. Gherky, adalah seorang penemu dan insinyur yang pernah menjadi "mantan rekan peneliti Thomas Alva Edison" dan telah membantu mengubah kota-kota besar Amerika seperti New York, Boston, Chicago, Columbus, Philadelphia, dan Baltimore dari tenaga gas dan uap menjadi listrik. Bersama-sama, mereka memiliki dua putra.

Dengan gelarnya di bidang kimia, Price awalnya mencari karir di perusahaan kimia DuPont . Namun, dia segera menyadari bahwa dia lebih tertarik pada pengelolaan uang daripada penelitian ilmiah, dan meninggalkan DuPont untuk bergabung dengan serangkaian perusahaan investasi kecil dan pialang.

Setelah satu dekade dihabiskan di tiga perusahaan investasi dan pialang, Price membentuk visi khusus untuk operasi perusahaan investasi yang secara khusus menggabungkan fokus pada investasi pertumbuhan dengan sistem biaya tanpa beban (komisi) untuk klien. 

Price percaya bahwa penjualan komisi berpotensi tidak etis, dan sebaliknya menekankan sistem kompensasi berdasarkan persentase biaya tahunan dari total aset yang dikelola yang menurutnya menyelaraskan kepentingan manajer dana dengan kliennya.

Pada pertengahan tahun 1930-an, Price telah naik menjadi kepala investasi untuk perusahaan MacKubin, Legg and Co. (pendahulu dari perusahaan investasi saat ini Legg Mason ), tetapi mendapati dirinya terus-menerus berselisih dengan rekan-rekannya yang berfokus pada komisi berbasis investasi nilai . 

Dengan tiga rekan lain dari MacKubin di belakangnya, Rowe berangkat untuk membentuk firmanya sendiri, yang ia dirikan pada tahun 1937 dan diberi nama T. Rowe Price and Associates. T. Rowe Price , seperti namanya sekarang, adalah perusahaan investasi dan reksa dana multinasional yang berkantor pusat di Baltimore yang mengelola miliaran dolar per tahun . Price secara pribadi mengelola perusahaan sampai dia menjual sahamnya di perusahaan pada tahun 1966 dan pensiun pada tahun 1971.

Price terkenal karena mendefinisikan dan mempromosikan konsep saham pertumbuhan , yang olehnya ia disebut sebagai "bapak investasi pertumbuhan ". Dia percaya bahwa investor dapat memperoleh pengembalian yang unggul dengan berinvestasi di perusahaan yang dikelola dengan baik di bidang subur yang pendapatan dan dividennya dapat diharapkan tumbuh lebih cepat daripada inflasi dan ekonomi secara keseluruhan. 

Inti dari pendekatan Price, penelitian kepemilikan untuk memandu pemilihan investasi dan diversifikasi untuk mengurangi risiko, tetap menjadi bagian dari prinsip perusahaan. Alih-alih membebankan komisi, seperti yang dilakukan orang lain dalam bisnis saat itu, Price membebankan biaya berdasarkan aset yang dikelola, yang mengikat keberhasilan perusahaan investasi dengan keberhasilan portofolio dan saham yang diinvestasikan.

Price meninggal pada tahun 1983, setelah itu keluarga Price tidak lagi mengambil bagian dalam menjalankan perusahaan. Perusahaan, sekarang bernama T. Rowe Price Associates, go public pada tahun 1986 dan ditambahkan ke Indeks S&P 500 pada tahun 1999.[]


(Christina Febrinola)

Baca Juga:

Berita terkait
Profil Calon Tunggal Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa
Nama Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi salah satu kandidat kuat yang akan menggantikan Hadi Tjahjanto. Begini profilnya.
Profil Warrent Buffet, Investor Kawakan Dunia Paling Tajir
Warren Edward Buffett adalah seorang investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat.
3 Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan untuk Anak
Persiapanya harus matang, dan konsisten untuk menabung atau investasi.
0
Profil Thomas Rowe Price Jr, Sang Pelopor Growth Investing
Price meninggal pada tahun 1983, setelah itu keluarga Price tidak lagi mengambil bagian dalam menjalankan perusahaan.