UNTUK INDONESIA
Profil Jerinx SID, Seteru IDI Berlabuh ke Bui
I Gede Ari Astina alias Jerinx ditahan polisi karena menyebut IDI sebagai kacung WHO. Ia dikenakan pasal UU ITE atas tuduhan pencemaran nama baik.
Musisi asal Bali, Jerinx, dalam sebuah aksi panggung pertunjukan musiknya. (Foto: Instagram/JRXSID)

Jakarta - I Gede Ari Astina alias Jerinx, resmi ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) oleh Kepolisian Daerah (Polda) Bali.

Kabar itu dibenarkan Dirkrimsus Polda Bali, Kombes Yuliar Kus Nugroho. Yuliar mengatakan, pemain drum band pop punk SID itu langsung ditahan di Polda Bali pada Rabu, 12 Agustus 2020.

"Sudah jadi tersangka, sudah diperiksa dan sudah ditahan hari ini," kata Yuliar Kus Nugroho saat dikonfirmasi awak media, Rabu, 12 Agustus 2020.

Saya tidak punya niat menghancurkan dan menyakiti perasaan kawan-kawan IDI dan ini 100 persen sebuah kritikan.

Jerinx sempat melontarkan perkataan bahwa IDI adalah 'kacung' organisasi kesehatan dunia, WHO. Gara-gara hal ini, suami Nora Alexandra itu dilaporkan IDI ke Polda Bali atas tuduhan pencemaran nama baik.

Atas perbuatannya Jerinx dijerat Pasal 28 Ayat UU ITE. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Jerinx sudah meminta maaf kepada IDI. Namun, ia menegaskan ucapan maaf itu sebagai bentuk rasa empati.

"Saya klarifikasi sekarang, saya tidak punya kebencian. Saya tidak punya niat menghancurkan dan menyakiti perasaan kawan-kawan IDI dan ini 100 persen sebuah kritikan," ujarnya.

Menurut Jerinx, kritikannya sebaiknya ditanggapi dengan pikiran jernih bukan dengan perasaan atau emosi. "Saya tidak punya kebencian personal kepada IDI. Jadi tolong jangan ditanggapi dengan perasaan," kata Jerinx.

Kontroversi Jerinx bukan kali ini saja terjadi, sebelumnya ia beberapa kali  terlibat seteru dengan sejumlah figur publik. Di antaranya yakni Via Vallen, Anang Hermansyah hingga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Profil I Gede Ari Astina

Pria bernama asli I Gede Ari Astina ini lahir pada 10 Februari 1977. Sebagai musisi, Jerinx merupakan drummer dari band beraliran rock asal Bali, Superman Is Dead (SID).

Penampilannya yang mendapat stigma garang serta tato yang nyaris menutupi tubuhnya menjadikan sosoknya cukup dikenal dari personel band lainnya. 

Terlepas dari banyak kontroversi yang melekat pada dirinya, Jerinx juga merupakan musisi yang berprestasi hingga membuat banyak fansnya gandrung. Jerinx dan Superman Is Dead pernah menggelar tour di Amerika Serikat bertajuk Vans Warped Tour 2009.

Tak hanya itu, ternyata Jerinx juga menekuni dunia bisnis yang cukup sukses dan menjadi penggerak aksi sosial dalam setiap momen. Terakhir membagikan nasi bungkus bagi terdampak pandemi di wilayah Bali.

Pada 2015, Jerinx bahkan pernah bertata muka dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Dikenal peduli dengan lingkungan, Jerinx menyampaikan keluhan serta penolakannya terkait reklamasi di Tanjung Benoa, Bali. []

Baca juga: 



Berita terkait
Nora Alexandra Ingin Ikut Jerinx Tidur di Penjara
Nora Alexandra mengaku ingin menemani suaminya tersangka kasus pencemaran nama baik Jerinx di penjara.
Profil Mumtaz Rais, Arogansi Bikin Gaduh di Pesawat
Ahmad Mumtaz Rais merasa harus meminta maaf dengan munculnya kegaduhan akibat insiden cekcok dengan Nawawi Pomolango di pesawat.
Profil Fahri Hamzah dan Rencana Penghargaan dari Jokowi
Presiden Jokowi akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam rangka HUT ke-75, salah satunya Fahri Hamzah.
0
Profil Jerinx SID, Seteru IDI Berlabuh ke Bui
I Gede Ari Astina alias Jerinx ditahan polisi karena menyebut IDI sebagai kacung WHO. Ia dikenakan pasal UU ITE atas tuduhan pencemaran nama baik.