UNTUK INDONESIA
Profil Mumtaz Rais, Arogansi Bikin Gaduh di Pesawat
Ahmad Mumtaz Rais merasa harus meminta maaf dengan munculnya kegaduhan akibat insiden cekcok dengan Nawawi Pomolango di pesawat.
Polisi Bandara Soekarno Hatta merespons keributan Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango. (foto: istimewa).

Jakarta - Putra ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais membuat kegaduhan ketika tengah terbang di atas pesawat Garuda rute penerbangan Gorontalo-Makassar-Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

Ia terlibat cekcok mulut dengan kru pesawat Garuda Indonesia dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango. Saat itu Nawawi yang diolok pahlawan kesiangan telah melaporkan masalah ini kepada pihak kepolisian setibanya dia di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) beberapa hari lalu. Namun, sepertinya Mumtaz tidak mau masalah ini berlanjut.

"Atas nama pribadi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kegaduhan yang terjadi, menyusul peristiwa di kabin pesawat Garuda Indonesia rute Gorontalo-Makassar-Jakarta," ujar Mumtaz Rais, dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Atas nama pribadi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kegaduhan yang terjadi.

Mumtaz mengaku bersalah sudah menggunakan telepon genggam di dalam pesawat. Dia juga tidak mengindahkan imbauan kru Garuda dan Nawawi Pomolango yang sudah baik-baik mengingatkannya.

Maka itu, kali ini perlu rasanya ia berucap khilaf atas kekeliruan yang dirinya sudah perbuat. Mumtaz sadar diri dalam posisi bersalah.

"Saya mengaku khilaf dan telah melakukan tindakan yang tidak sepantasnya. Pada saat itu saya sedang mengalami kelelahan dan terpancing emosi. Namun, tetap tindakan itu tidak dapat dibenarkan dan saya meminta maaf sebesar-besarnya," ujarnya.

Profil Ahmad Mumtaz Rais

Ahmad Mumtaz Rais lahir di Yogyakarta pada 17 September 1983. Ia menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Mumtaz Rais mengikuti jejak sang ayah untuk terjun ke dunia politik dengan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Pada pemilu 2009, ia sempat maju sebagai calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah VIII yang meliputi Cilacap dan Banyumas. 

Namanya saat itu menjadi calon legislatif termuda yang berasal dari PAN. Namun masih ada nama lain yang juga lebih muda darinya yang berasala dari partai lain seperti Melissa Jonathan yang berumur 21 tahun dari PDIP.

Mumtaz menikah dengan putri Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang saat itu menjadi menteri kehutanan bernama Futri Zulya Safitri. Keduanya melangsungkan pernikahan pada 8 Oktober 2011 di rumah dinas Menteri Kehutanan di Jalan Denpasar, Kuningan Jakarta. 

Ia memberikan mas kawin berupa 13 keping emas yang memiliki berat masing-masing 40 gram. Pernikahan tersebut juga dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang bertindak sebagai saksi dari mempelai pria dan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang bertindak sebagai saksi dari mempelai wanita.

Pendidikan

S1 Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta. []

Baca juga:


Berita terkait
Wakil Ketua KPK Bongkar Arogansi Mumtaz Rais
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango akhirnya bongkar sikap arogansi Mumtaz Rais di atas pesawat Garuda Indonesia.
Profil Fadli Zon dan Rencana Penghargaan dari Jokowi
Fadli Zon tengah menjadi perhatian publik setelah diumumkan akan dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya.
Profil Reni Marlinawati, Politisi Juga Akademisi
Reni Marlinawati merupakan politikus yang kenyang akan pengalaman organisasi serta dunia akademis.
0
Profil Mumtaz Rais, Arogansi Bikin Gaduh di Pesawat
Ahmad Mumtaz Rais merasa harus meminta maaf dengan munculnya kegaduhan akibat insiden cekcok dengan Nawawi Pomolango di pesawat.