UNTUK INDONESIA
Profil Fahri Hamzah dan Rencana Penghargaan dari Jokowi
Presiden Jokowi akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam rangka HUT ke-75, salah satunya Fahri Hamzah.
Fahri Hamzah. (Foto: Instagram/Fahri Hamzah)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang dalam rangka HUT RI ke-75 yang rutin diberikan setiap tahun. Dua nama yang disebutkan akan mendapat Bintang tanda jasa ialah Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Kedua tokoh yang gemar melontarkan kritik terhadap pemerintah ini akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. 

Nama Fahri Hamzah memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Dia salah satu anak bangsa berkelahiran Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Fahri lahir pada 10 Oktober 1971. 

Sejak kecil, Fahri bersekolah di daerah Sumbawa.  Dia mulai duduk di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah, Sumbawa, NTB kemudian melanjutkan pendidikan SMP di sekolah Muhammadiyah, Sumbawa. 

Kemudian, Fahri melanjutkan pendidikan ke bangku SMA juga di sekolah Muhammadiyah, Sumbawa. Setelah itu, pria berusia 49 itu memutuskan untuk menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Mataram (Unram), Mataram, NTB. 

Pada 1997, Fahri kembali melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Jakarta. Dia juga mengambil Program lanjutan yaitu program Magister Ilmu Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI), Jakarta. 

Saat usianya menginjak 27 tahun, nama Fahri Hamzah mulai dikenal publik saat reformasi bergulir. Aksinya menjadi sorotan media nasional, seperti terlihat sampai sekarang, gayanya yang lantang dalam mengkritik rupanya sudah sejak muda dia lakukan. 

Fahri sempat mendeklarasikan organisasi mahasiswa Islam dan sekaligus sebagai ketua umum pertama organisasi gerakan mahasiswa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Sosoknya juga dikenal aktif di berbagai kegiatan aksi untuk menurunkan rezim berkuasa Orde Baru, masa Presiden Soeharto, kala itu. 

Memasuki dunia politik, dia mengawali karier sebagai Staf Ahli MPR RI pada tahun 1999. Dari situlah Fahri bisa menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009. Kariernya semakin menanjak hingga bisa menduduki posisi sebagai Wakil Sekjen DPP PKS periode 2010-2015. Hingga akhirnya Fahri bisa menjadi Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 mewakili PKS. 

Kini, dia telah berpindah bendera partai. Fahri bersama beberapa kader dari PKS, termasuk Anis Matta membentuk partai baru. Saat ini, dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gelora. 

Diketahui, Fahri bersama Fadli Zon akan mendapatkan bintang tanda jasa dari Jokowi. Keduanya merupakan mantan pimpinan DPR periode 2014-2019. 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Jasa, dan Tanda Kehormatan, menjelaskan bahwa Tanda Kehormatan Bintang terdiri dari dua jenis, yakni Bintang Sipil dan Bintang Militer. 

Dua tanda kehormatan ini diberikan kepada perseorangan. Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera adalah bintang penghargaan untuk perseorangan sipil, setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Bintang Mahaputera Nararya adalah bintang mahaputera kelima setelah Bintang Mahaputera Adipurna, Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Mahaputera Utama, Bintang Mahaputera Pratama.

Adapun syarat untuk memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera, ada tiga hal khusus yang harus dipenuhi seseorang. Pertama, berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

Kedua, pengabdian dan pengorbanan di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan beberapa bidang yang bermanfaat lainnya. Ketiga, darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional. []

Berita terkait
Selain Fahri dan Fadli Zon, 3 Nama Lain Juga Dapat Penghargaan
Fahri Hamzah dan Fadli Zon akan dianugerahi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bintang tanda jasa. Selain itu ada tiga nama lainnya.
Apa Itu Bintang Mahaputera Nararya yang Diterima Fadli dan Fahri
Apa itu Bintang Mahaputera Nararya yang akan diberikan Jokowi kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah?
Pantaskah Fadli dan Fahri Dapat Bintang Mahaputera?
Pengamat menyoroti rencana Jokowi yang akan memberikan bintang tanda jasa kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah.
0
Spoiler One Piece 993: Kaido Sukses Kabur dari Akazaya Nine
Komik manga One Piece 993 dijadwalkan rilis pada Minggu, 25 Oktober 2020 mendatang dengan membawa sejumlah spoiler ilegal.