UNTUK INDONESIA

Profil Giring Ganesha, Trending Kritik Menohok Anies Baswedan

Nama Giring Ganesha trending di media sosial Twitter setelah mengkritik Anies Baswedan terkait penanganan banjir.
Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha. (Foto: Instagram/giring)

Jakarta - Nama Plt. Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha tengah menjadi trending di media sosial Twitter setelah memberikan kritik menohok untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait penanganan banjir.

Dirinya memberikan kritik yang cukup menohok untuk Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam mengatasi banjir di Jakarta. Ia menyebut Anies tidak punya rencana dan cara yang jelas dalam mengatasinya.

“Jangan cuma melempar kesalahan pada curah hujan dan banjir kiriman. Pada banjir kemarin, status pintu air di Bogor dan Depok normal. Artinya banjir terjadi karena Gubernur Anies tidak punya rencana dan cara yang jelas untuk mengatasinya,” ujarnya melalui Instagram pribadi @giring, pada Minggu, 21 Februari 2021.

Selain itu, Giring juga menyinggung Anies terkait penghapusan program normalisasi sungai yang digantikan dengan naturalisasi sungai. Ia mengatakan bahwa program tersebut hanya sebuah konsep di atas kertas yang tidak dilaksanakan.

“Naturalisasi sungai yang selalu digembar-gemborkan Anies terbukti cuma konsep di atas kertas, tidak dikerjakan di lapangan, sementara normalisasi sungai dihapuskan. Akibatnya banjir kian memburuk,” tuturnya.

Profil Giring Ganesha

Pria dengan nama lengkap Giring Ganesha Djurmaryo ini lahir di Jakarta, 14 Juli 1983. Giring merupakan putra dari pasangan Djumaryo Imam Muhni dan Irmawaty. Ayahnya memiliki profesi sebagai wartawan foto yang sempat bertugas di kantor berita Antara, harian Berita Yudha, dan majalah Asri.

Ia dikenal sebagai vokalis dari sebuah grup musik yang bernama, Nidji. Nidji adalah grup musik yang terbentuk sejak 2002. Debut Giring bersama teman-temannya di industri musik Tanah Air melalui album yang bertajuk Breakthru pada 2006. Album tersebut berhasil terjual lebih dari 540 ribu copy, dengan single yang sukses melejitkan nama Nidji.

Pada 31 Desember 2017, ia mengundurkan diri sebagai vokalis Nidji untuk terjun ke dunia politik. Kini, dirinya bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pada Agustus 2020, Giring ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun, Giring tidak hanya ditunjuk sebagai Plt. Ketua Umum, ia juga dicalonkan oleh partainya tersebut sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang. Alasannya adalah untuk mewakili anak muda dalam menyuarakan pendapat mereka. Ia mengaku termotivasi terjun ke dunia politik dan memberanikan diri mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024 karena terinspirasi dari Presiden Joko Widodo.

Saat ini, namanya tengah trending setelah mengkritik Gubernur DKI Jakarta terkait banjir. Ia menyebut Anies tidak ada upaya dalam mengatasi banjir.

“Menjelang musim hujan, tidak terlihat ada upaya untuk mengeruk sungai, membersihkan saluran air, dan mengecek pompa. Karena tindakan-tindakan tersebut tidak dilakukan, mustahil Jakarta bebas dari banjir,” tuturnya pada Minggu, 21 Februari 2021.

Giring juga menyebut Anies tidak dapat menyusun prioritas. Ia mengatakan hal tersebut berkaitan dengan anggaran Jakarta yang dihabiskan untuk hal-hal yang tidak perlu, seperti untuk pembayaran uang muka Formula E, mempercantik JPO, dan lain-lain.

“Dari sini, Gubernur Anies terlihat tidak mampu menyusun prioritas. Kebutuhan mendesak dinomorduakan, hal-hal bersifat kosmetik justru didahulukan,” ujarnya.

Baca juga: 

Filmografi

  1. 2010 Sang Pencerah
  2. 2012 Petualangan Singa Pemberani
  3. 2013 Petualangan Singa Pemberani 2
  4. 2014 Petualangan Singa Pemberani Dinoterra
  5. 2015 Petualangan Singa Pemberani Magilika
  6. 2016 Petualangan Singa Pemberani Atlantos
  7. 2016 Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea
  8. 2017 Petualangan Singa Pemberani Atlantos 2. []
Berita terkait
Profil Lengkap 9 Istri Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia
Bung Karno, sang Proklamator Kemerdekaan RI, Presiden pertama Republik Indonesia. tercatat memiliki 9 istri. Ini profil lengkap istri-istrinya.
Profil dan Fakta-fakta Cendekiawan Jalaluddin Rakhmat
Profil Jalaluddin Rakhmat beserta sederet fakta keilmuannya sebagai salah satu cendekiawan Indonesia. Penulis Buku Psikologi Komunikasi itu wafat.
Profil Firmanzah, Akademisi Eks Staf Khusus SBY Tutup Usia
Firmanzah adalah seorang akademisi yang kemudian diangkat menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi era Presiden Susio Bambang Yudhoyono (SBY).
0
Profil Giring Ganesha, Trending Kritik Menohok Anies Baswedan
Nama Giring Ganesha trending di media sosial Twitter setelah mengkritik Anies Baswedan terkait penanganan banjir.