UNTUK INDONESIA

Profil Gibran Rakabuming Raka, Langsung Kerja Usai Dilantik

Sepak terjang Gibran Rakabuming Raka yang resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo untuk periode 2021-2026.
Gibran. (Tagar/Pikiran Rakyat)

Jakarta - Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2026 di Gedung Graha Paripurna DPRD Solo pada Jumat, 26 Februari 2021.

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara virtual sekitar pukul 08.30 WIB.

“Saya Gubernur Jawa Tengah atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik sandara-saudari sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, saya percaya saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan atas nama Presiden Republik Indonesia,” ujarnya secara virtual pada Jumat, 26 Februari 2021.

Profil Gibran Rakabuming

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini memiliki nama lengkap Gibran Rakabuming Raka. Ia lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987. Ia lahir dari pasangan Jokowi dan Iriana. Gibran menghabiskan masa kecilnya selama sembilan tahun di kota kelahirannya.

Kemudian, ia pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Atas di Orchid Park Secondary School, Singapura pada 2002. Di tahun 2007, Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia dan lulus pada tahun 2010.

Karier

Selain dikenal sebagai anak Presiden, ia juga dikenal sebagai seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Gibran menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada 2010, ia mendirikan Chilli Pari, sebuah bisnis katering yang berada di Surakarta. Menurutnya, dirinya terinspirasi untuk mendirikan perusahaan setelah melihat minimnya layanan katering untuk conference center milik sang ayah. Namun, ditentang oleh sang ayah yang berniat agar Gibran melanjutkan bisnis furniturnya.

Pada 2015, Gibran kembali membuat sebuah usaha makanan, yaitu Markobar, sebuah martabak. Di tahun 2017, Gibran sudah memiliki 29 cabang Markobar di Indonesia.

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kejaholic bersama dengan Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic merupakan sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu. 

Pada 20 Juli 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Julius mendirikan restoran bernama Mangkokku.

Dunia Politik

Pada Juli 2019, ia dinobatkan sebagai kandidat favorit untuk pemilihan walikota Surakarta 2020, posisi ayahnya sebelum menjabat sebagai Gubernur dan kemudian menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. 

Pada September 2019, Gibran mendaftarkan diri sebagai anggota PDI-P, partai politik yang sama dengan sang ayah, untuk mencalonkan diri dalam pemilihan walikota. Partai tersebut secara resmi mendukung Gibran menjadi kandidat walikota mereka pada Juli 2020, Gibran dipasangkan dengan Ketua Dewan kota, Teguh Prakosa. Dalam pemilu, Gibran meraih suara terbanyak sebanyak 86,53%.

Baca juga:

Kemudian, Gibran dan Teguh resmi dilantik menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Graha Paripurna DPRD Kota Solo, pada Jumat, 26 Februari 2021. Gibran dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah. Setelah pelantikan, Gibran mengaku akan memanfaatkan sebaik-baiknya amanah yang diberikan.

“Alhamdulillah pelantikan hari ini berjalan dengan lancar. Jabatan ini merupakan amanah dan akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat kota Solo,” ujarnya pada Jumat, 26 Februari 2021. []

Berita terkait
Profil Artidjo Alkostar, Hakim Agung yang Ditakuti Koruptor
Artidjo Alkostar dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya pada hari ini, Minggu, 28 Februari 2021.
Profil Marzuki Alie, Dipecat Tidak Hormat dari Partai Demokrat
Profil Marzuki Alie, mantan kader senior Partai Demokrat yang dipecat karena terkait adanya upaya kudeta kepemimpinan AHY.
Profil Giring Ganesha, Trending Kritik Menohok Anies Baswedan
Nama Giring Ganesha trending di media sosial Twitter setelah mengkritik Anies Baswedan terkait penanganan banjir.
0
Profil Gibran Rakabuming Raka, Langsung Kerja Usai Dilantik
Sepak terjang Gibran Rakabuming Raka yang resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo untuk periode 2021-2026.