UNTUK INDONESIA

Profil Marzuki Alie, Dipecat Tidak Hormat dari Partai Demokrat

Profil Marzuki Alie, mantan kader senior Partai Demokrat yang dipecat karena terkait adanya upaya kudeta kepemimpinan AHY.
Marzuki Alie mantan Sekjen Partai Demokrat. (Foto: Tagar/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta – Nama Marzuki Alie mencuat setelah dirinya sebagai kader senior dipecat dari Partai Demokrat karena dianggap berucap dan juga bertindak secara terbuka mengenai kebencian dan permusuhan di media massa kepada Partai tersebut. Namun siapakah sosok Marzuki Alie sebenarnya?

Marzuki Alie yang merupakan mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini lahir di Palembang, 6 November 2021 dari pasangan Alie dan Tjik Unah binti Hasyim. Dirinya menjalani program strata satu Production Management di Fakultas Ekonomi UNSRI, Palembang.

Pendidikan S2 nya dia teruskan di universitas yang sama dengan mempelajari Corporate Finance Magister Manajemen. Kemudian S3 nya diambil di Marketing Politic Program di Universiti Utara Malaysia.

Pria berusia 65 tahun ini telah aktif di keanggotaan HMI Komisariat Jakarta Timur mulai 1975-1977. Marzuki kemudian mengawali kariernya pada tahun 1975 sebagai pegawai negeri sipil di Ditjen Anggaran Departemen Keuangan RI Jakarta. Setelah pensiun, dirinya kemudian memutuskan untuk aktif di dunia politik dan bergabung dengan partai Demokrat.

SBY-Marzuki AlieSBY bersama Marzuki Alie di Partai Demokrat. (Foto: Tagar/Istimewa)

Karier politiknya dimulai pada 2005 saat Marzuki dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat untuk periode 2005-2010. Lalu, dirinya kembali dipercayai untuk mengemban jabatan yang lebih tinggi sebagai Ketua DPR RI periode tahun 2009-2014.

Selain itu, Marzuki pun pernah menduduki berbagai jabatan penting lainnya diberbagai organisasi seperti Pendiri dan Pengelola Pendidikan Tinggi Universitas IGM (2008) President of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (2011-2012), President Forum of Asia-Pacific Parliamentarian on Education (2012), President APA (2009-2010), Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI (2009-2014), dan President of Parliamentary Union of the OIC Members State (2021).

Perlu diketahui, Marzuki telah dikabarkan melalui beberapa media online serta surat edaran resmi Partai Demokrat bahwa dirinya terkait dengan adanya upaya kudeta kepemimpinan partai Demokrat dari Agus Harimurti Yudhoyono. []

Berita terkait
Bola Liar Partai Demokrat Setelah Marzuki Alie Dipecat Tidak Hormat
Gonjang-ganjing konflik internal Partai Demokrat membuat gaduh dan menjadi bola liar setelah dipecatnya Marzuki Alie dan kawan-kawan.
Dipecat Partai Demokrat, Marzuki Alie Tempuh Jalur Hukum
Marzuki Alie satu dari tujuh kader yang dipecat dari Partai Demokrat mengaku akan menempuh jalur hukum. Dia juga mengancam akan melapor balik AHY.
Kudeta AHY, Marzuki Alie dan 6 Kader Partai Demokrat Dipecat
Mantan Ketua DPR RI periode 2009-2014 Marzuki Alie bersama enam anggota Partai Demokrat mendapat sanksi pemecatan.
0
Profil Marzuki Alie, Dipecat Tidak Hormat dari Partai Demokrat
Profil Marzuki Alie, mantan kader senior Partai Demokrat yang dipecat karena terkait adanya upaya kudeta kepemimpinan AHY.