UNTUK INDONESIA
Profil dan Visi Hariadi - Novi Endri di Pilkada Agam
Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Agam Hariadi - Novi Endri mengusung jargon kampanye Agam Hebat Lagi.
Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam Hariadi - Novi Endri. (Foto: Tagar/Istimewa)

Agam - Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Hariadi - Novi Endri diusung koalisi besar yang terdiri dari Partai PPP, Golkar, PBB dan Berkarya. Keduanya telah resmi mendaftar ke KPU Kabupaten Agam sebagai Kandidat peserta Pilkada 2020.

Hariadi mempercayakan Calon Wakil Bupati Agam untuk Novi Endri, salah satu putra daerah terbaik Lubuk Basung.

Koalisi ini total mengantongi 13 kursi DPRD Agam dan telah melewati ambang batas pencalonan yang dipersyaratkan yaitu minimal 20 persen perolehan kursi dewan. Berikut profil dan visi Hariadi - Novi Endri dirangkum berdasarkan formulir model BB.2 KWK yang diserahkan kandidat sebagai salah satu berkas persyaratan mendaftar ke KPU Kabupaten Agam.

Hariadi dikenal sebagai politisi senior sekaligus pengusaha. Pada Pemilu 2019 lalu, melalui partai PPP, Hariadi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI untuk daerah pemilihan Sumbar 2. Namun, ia belum beruntung menduduki kursi empuk Senayan kendati mendulang cukup banyak suara.

Pria kelahiran Bukittinggi 12 Mei 1956 itu hingga kini masih menjabat sebagai Ketua DPW PPP Sumbar. Ia adalah suami tercinta dari senator perempuan DPD RI Emma Yohanna, pasangan romantis ini dikaruniai empat orang anak.

Selepas menamatkan SMPN 3 Tanjung Alam tahun 1980, Hariadi merantau ke Pulau Jawa untuk bersekolah di SMKN 5 Bandung. Tahun 1983 ia kembali ke Ranah Minang untuk menempuh pendidikan tinggi Diploma Tiga (D3) di Akademi Teknik Padang.

Riwayat organisasi Hariadi terbilang beragam. Ia pernah menjabat Wakil Ketua di HIPMI, GAPENSI dan KADIN Sumbar. Hariadi pernah meniti usaha di PT Barretamuda Pratama dan menjabat sebagai direktur, sementara pada PT Hariyona yang didirikan keluarganya ia menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 1993.

Sementara itu, Hariadi mempercayakan Calon Wakil Bupati Agam untuk Novi Endri, salah satu putra daerah terbaik Lubuk Basung. Pria kelahiran 27 Januari 1965 ini melewati pendidikan dasar hingga menengah di Lubukbasung. Tamat SDN 02 Lubukbasung tahun 1979, Novi Endri melanjutkan ke SMPN 1 Lubukbasung hingga tahun 1982. Ia menduduki bangku SMAN 02 Lubukbasung dan tamat tahun 1985.

Novi Endri menempuh pendidikan tinggi di Universitas Bung Hatta lulusan tahun 1991. Dia sempat menempuh program pascasarjana di Universitas Teknologi Malaysia rentang tahun 1997-1999.

Novi Endri pernah aktif di organisasi FKPPI Kota Padang dari rentang tahun 1988-1997. Selebihnya ia malang melintang di sejumlah organisasi teknik kontruksi seperti Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Asosiasi Jasa Konstruksi (Aspeknas) Sumbar, dan Gabungan Tenaga Teknik Ahli (Gataki) Sumbar.

Di kancah politik Novi Endri pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK) Sumbar tahun 2003-2005. Pada kisaran tahun 2008-2012 Novi Endri dipercaya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Agam. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengantarkan Novi Endri sebagai anggota DPRD Agam periode 2009-2014.

Novi Endri yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Agam juga tidak asing lagi dalam berbagai proyek pembangunan. Ia pernah menjadi direktur perusahaan kontruksi yang menangani proyek pengendalian banjir dan saluran drainase Kota Padang.

Ia juga terlibat dalam pembukaan jalan sepanjang 13 kilometer di Sungai Jernih, Kabupaten Pasaman dan Pembangunan GOR Rang Agam Lubukbasung Kabupaten Agam.

Mengusung jargon Agam Hebat Lagi, pasangan Hariadi-Novi Endri memiliki visi terwujudnya Kabupaten Agam yang berorientasi pada kemajuan beragama, berakhlak, beradat, berbudaya dan berdaya saing serta didukung pemerintahan yang profesional. [PEN]


Berita terkait
Profil dan Visi Taslim - Syafrizal di Pilkada Agam
Taslim dan Syafrizal yang diusung Partai Gerindra mengusung visi mewujudkan Agam Madani dan Sejahtera.
Diduga Korsleting, Rumah Bagonjong di Agam Terbakar
Rumah kayu desain Bagonjong, di Kabupaten Agam terbakar. Rumah milik guru PAUD itu terbakar diduga akibat korsleting listrik.
Calon Bupati Positif Corona, KPU Agam Swab Massal
KPU Kabupaten Agam menggelar uji swab massal karena dua calon bupati peserta Pilkada 2020 positif corona.
0
Profil dan Visi Hariadi - Novi Endri di Pilkada Agam
Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Agam Hariadi - Novi Endri mengusung jargon kampanye Agam Hebat Lagi.