UNTUK INDONESIA
Profil dan Visi Taslim - Syafrizal di Pilkada Agam
Taslim dan Syafrizal yang diusung Partai Gerindra mengusung visi mewujudkan Agam Madani dan Sejahtera.
Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Taslim dan Syafrizal. (Foto: Tagar/Istimewa)

Agam - Empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam yang berakhir Minggu, 6 September 2020. Taslim dan Syafrizal yang diusung Partai Gerindra mengusung visi mewujudkan Agam Madani dan Sejahtera.

Taslim merupakan politisi yang sudah membesarkan Partai PAN lebih dari 22 tahun.

Berikut profil sekaligus daftar riwayat hidup Taslim dan Syafrizal sebagaimana tercantum dalam formulir model BB.2 KWK yang diserahkan ke KPU Agam sebagai salah satu berkas persyaratan pendaftaran Pemilihan Serentak 2020.

Taslim merupakan politisi yang sudah membesarkan Partai PAN lebih dari 22 tahun. Pria kelahiran Baso 11 Agustus 1970 itu memperistri Dian Evany Martha dan dikaruniai satu orang anak.

Taslim mengawali karir di dunia politik sejak menjabat sebagai ketua DPW Barisan Muda PAN Sumbar tahun 1998-2000. Saat menjabat Bendahara DPW PAN Sumbar periode 2000-2005, Taslim terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar tahun 2003-2004. Setelah Pemilu 2004, Taslim kembali terpilih mengisi kursi legislatif di Rumah Bagonjong untuk periode 2004-2009.

Selanjutnya pada Pemilu 2009, Taslim mencoba peruntungan menjadi wakil rakyat di Senayan. Ia pun terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2009-2014.

Mantan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah 2010-2015 itu merupakan Alumni FMIPA Universitas Andalas (Unand) lulusan tahun 1995. Taslim pernah bersekolah di SMAN 1 IV Angkat Canduang tamat tahun 1989.

Mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Agam, Taslim menggandeng politisi Golkar asal Palembayan, Syafrizal Dt Majolelo sebagai Calon Wakilnya. Keduanya justru diusung partai Gerindra besutan Prabowo Subianto yang mengantongi 9 kursi DPRD Agam dan berhak melenggang tanpa berkoalisi dengan partai lain karena sudah memenuhi ambang batas 20 persen perolehan kursi dewan.

Syafrizal Dt Majolelo bukanlah wajah baru di perpolitikan, khususnya Luhak Agam. Ia sosok yang pernah menjadi anggota DPRD Agam dua periode. Syafrizal terpilih sebagai anggota DPRD Agam periode 2004-2009 dilanjutkan 2009-2014 dan pernah menjabat sebagai Ketua Komisi III.

Pria kelahiran Palembayan 4 September 1967 itu mempersunting Dewi Afridayenti dan dikaruniai empat orang anak. Syafrizal juga dikenal aktif berorganisasi di kampung halaman. Mantan Ketua Karang Taruna Nagari Salareh Aia itu menamatkan pendidikan di SMAN 1 Lubukbasung tahun 1987. Dia menyandang gelar sarjana hukum di STIH Painan tahun 1995.

Di dunia usaha, Syafrizal mengawali karir sebagai Humas PT AMP di kisaran tahun 1994 hingga 1996. Lalu di jabatan yang sama ia pindah ke perusahaan PT TDP hingga tahun 2000. Selepas tidak lagi menduduki kursi legislatif, Syafrizal mendirikan perusahaan dan menjabat sebagai direktur CV Karya Agung. [PEN]

Berita terkait
Diduga Korsleting, Rumah Bagonjong di Agam Terbakar
Rumah kayu desain Bagonjong, di Kabupaten Agam terbakar. Rumah milik guru PAUD itu terbakar diduga akibat korsleting listrik.
Calon Bupati Positif Corona, KPU Agam Swab Massal
KPU Kabupaten Agam menggelar uji swab massal karena dua calon bupati peserta Pilkada 2020 positif corona.
4 Pasang Kandidat Bertarung di Pilkada Agam
Pemilihan kepala daerah Kabupaten Agam diprediksi diikuti empat pasangan calon.
0
Tangkap Ikan Pakai Bom, Tiga Nelayan Maluku Dibekuk
Aparat Direktorat Polisi Air Udara Polda Maluku, menangkap basah tiga nelayan yang menangkap ikan menggunakan bom rakitan di perairan Pulau Kasa.