UNTUK INDONESIA
Calon Bupati Positif Corona, KPU Agam Swab Massal
KPU Kabupaten Agam menggelar uji swab massal karena dua calon bupati peserta Pilkada 2020 positif corona.
Ilustrasi corona (Foto: Pixabay)

Agam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam menggelar uji swab massal. Hal ini buntut dari beredarnya informasi dua bakal calon (balon) bupati peserta Pilkada Agam 2020, positif Covid-19.

Kami tunggu hasil swab KPU sebagai tracing level-1 yang memiliki kontak langsung dengan Bapaslon.

Pelaksanaan uji swab berlangsung di RSUD Lubuk Basung, Senin 7 September 2020 siang. Total ada 31 personil KPU Agam yang sudah menjalani tes.

Informasinya, calon Bupati Agam dari koalisi PKS-Nasdem, Trinda Farhan Satria dinyatakan positif corona. Selang beberapa jam, kandidat bupati dari koalisi PAN-Demokrat Andri Warman juga dinyatakan positif Covid-19.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Agam, Alhadi menyebutkan, sepanjang proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Agam, pihaknya telah menjalankan protokol pencegahan Covid-19 secara maksimal.

"Rasanya sudah sangat ketat sekali protokol kami jalankan. Sudah pakai APD berupa masker dan faceshield, pembatasan kerumunan orang, dan mewajibkan cuci tangan dan pakai handsanitizer,” katanya.

Salah satu berkas pendaftaran yang diterima pihak KPU telah menunjukkan seluruh bakal pasangan calon dinyatakan negatif Covid-19. Karena itu, para kandidat diizinkan mengikuti proses sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Serentak Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19.

“Berkas hasil swab yang diterima KPU dari Bapaslon adalah yang dilakukan pada 31 Agustus 2020 dan dinyatakan negatif pada 2 September 2020. Hasil swab terbaru kandidat baru keluar tadi malam,” katanya.

Terpisah, Koordinator Sekretariat Bawaslu Agam Yuli Zamra mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan tracing untuk pelaksanaan swab lanjutan menyusul kemungkinan terburuk.

“Kami tunggu hasil swab KPU sebagai tracing level-1 yang memiliki kontak langsung dengan Bapaslon. Sebagai level-2, tim yang melakukan pengawasan pendaftaran, akan ikut swab juga nantinya,” katanya. []

Berita terkait
Pernyataan Wakil Bupati Agam Usai Positif Corona
Wakil Bupati Agam menduga terpapar corona saat perjalanan ke Jakarta.
4 Pasang Kandidat Bertarung di Pilkada Agam
Pemilihan kepala daerah Kabupaten Agam diprediksi diikuti empat pasangan calon.
Syarat Kandidat Pilkada Agam Mendaftar ke KPU
KPU Kabupaten Agam meminta pendukung kandidat bupati dan wakil bupati tidak berkerumum dalam jumlah banyak saat pendaftaran.
0
Calon Bupati Positif Corona, KPU Agam Swab Massal
KPU Kabupaten Agam menggelar uji swab massal karena dua calon bupati peserta Pilkada 2020 positif corona.