Profil Akidi Tio, Donasi Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid

Baru-baru ini nama almarhum Akidi Tio sedang menjadi pusat pembicaraan publik usai keluarga besarnya memberikan bantuan senilai Rp 2 triliun.
Keluarga almarhum Akidi Tio sumbang 2 triliun untuk penanganan Covid-19. (Foto: Tagar/Dok Polisi)

Jakarta - Baru-baru ini nama almarhum Akidi Tio sedang menjadi pusat pembicaraan publik usai keluarga besarnya memberikan bantuan senilai Rp 2 triliun sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan. 

Banyak orang yang bertanya tentang sosok Akidi yang memberikan donasi dengan jumlah yang sangat fantastik ternyata Akidi lahir di Langsa, Aceh Timur bersama anak-anaknya. 

Almarhum merintis usaha di Aceh dengan mengelola pabrik limun soda yang diketahui berada di Jalan Gang Nasional, Gampong Blang Seunibong, Kecamatan Langsa Kota. 

Dokter pribadi keluarga almarhum, Prof dr Hardi Darmawan menjelaskan bahwa Akidi Tio semasa hidupnya merupakan pengusaha sukses serta dermawan.

Almarhum Akidi Tio juga merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang pembangunan dan kontraktor asal Langsa, Aceh Timur.

Akidi Tio memiliki tujuh orang anak yang tinggal di Jakarta dan Palembang. Seluruh anak dari mendiang Akidi Tio merupakan seorang pengusaha. Bahkan almarhum Akidi Tio pernah berpesan kepada anak-anaknya untuk tetap membantu orang yang membutuhkan.

Pada tahun 1976, Akidi dan keluarganya pindah ke Palembang dan Jakarta. Akidi Tio, menurut dokter keluarga almarhum, Prof dr Hardi Darmawan pernah tinggal di Jalan Veteran, namun sebagian besar keluarga tinggal di Jakarta, saat itu.

Menurut dokter keluarga yang sudah 36 tahun menemani keluarga Akidi Tio, almarhum meninggal pada 2009, sementara anak-anaknya tinggal di Jakarta. Saat simbolis penyerahan bantuan kepada pihak Polda Sumsel, dokter keluarga yakni dr Hardi mendampingi anak almarhum Heriyanti.  


Penyerahan Bantuan Rp 2 Triliun

Bantuan 2 triliun tersebut telah diserahkan langsung oleh Prof dr Hardi Darmawan yang merupakan dokter pribadi dari keluarga almarhum Akidi Tio kepada pemerintah.

Pemberian bantuan dari keluarga almarhum Akidi Tio tersebut disaksikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Dandrem 004 Gapo Brigjenn TNI Jauhari Agus Suraji dan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy.

Pihak keluarga Akidi Tio kini telah menyerahkan dana bantuan sepenuhnya ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan sebagai penanganan pandemi Covid-19. Uang donasi tersebut sebagian besar akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 seperti kebutuhan obat-obatan, oksigen, tempat isolasi hingga pembayaran insentif bagi para tenaga kesehatan.

Dana bantuan dari keluarga almarhum Akidi Tio diharapkan dapat menyelesaikan berbagai masalah pandemi Covid-19 agar Sumatera Selatan segera bangkit dari efek pandemi Covid-19 ini. []

Berita terkait
Rekor Lonjakan Infeksi Covid-19 di Tokyo Selama Olimpiade
Tokyo melaporkan jumlah kasus Covid-19 tertinggi, 29 Juli 2021, untuk hari ketiga berturut-turut sementara pesta Olimpiade di kota itu berlanjut
Konversi Tempat Tidur RS untuk Pasien Covid-19 di Yogyakarta
Jajaran pemerintah di DIY diminta untuk meningkatkan konversi tempat tidur (TT) rumah sakit (RS) untuk perawatan pasien Covid-19.
50 Juta Nyawa Diselamatkan Vaksin Tapi Covid-19 Ancam Masa Depan
Vaksin berbagi penyakit menyelamatkan 50 juta nyawa warga dunia, tapi pandemi Covid-19 jadi ancam kemajuan di masa depan
0
Profil Akidi Tio, Donasi Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid
Baru-baru ini nama almarhum Akidi Tio sedang menjadi pusat pembicaraan publik usai keluarga besarnya memberikan bantuan senilai Rp 2 triliun.