Pria di Makassar Beli Handphone Pakai Uang Palsu

Seorang pemuda di Makassar ditangkap polisi karena membeli HP menggunakan uang palsu.
Pelaku penipuan dengan membeli HP menggunakan uang palsu. (Foto: Tagar/Ist)

Makassar - Aparat kepolisian mengamankan seorang pria pelaku penipuan dengan modus membeli handphone menggunakan uang palsu di Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 2 Oktober 2020, sekitar pukul 21.00 WITA.

Pelaku penipuan dengan modus membeli HP dengan uang palsu diketahui bernama, Ahmad Sardani alias Ahmad, 24 tahun, warga Jalan Emmy Saelan, Kota Makassar. Sementara rekannya masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Jadi modusnya mereka mencetak uang palsu untuk membeli handphone dan kebutuhan mereka sehari-hari.

Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Nurtjahyana mengatakan, pelaku ditangkap tim gabungan dari Polsek Rappocini dan Polsek Tamalate, tadi malam.

"Jumlah pelaku ada dua tapi yang berhasil kami amankan saat ini baru satu orang. Mereka membeli sebuah handphone dengan sistem COD tapi korban ditipu karena uang yang digunakan adalah uang palsu," kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Sabtu 3 Oktober 2020.

Setelah itu, kata Iptu Nurtjahyana pihaknya kembali melakukan pengembangan untuk mencari rekan pelaku yang sudah diketahui identitasnya di wilayah Biringkanaya. Namun, rekannya sudah melarikan diri lebih dulu.

"Kami ke kamar kos rekan pelaku tapi yang bersangkutan telah kabur. Tapi saat kami geledah kami temukan barang bukti alat untuk mencetak uang palsu seperti printer dan tinta warna. Sementara rekan pelaku masih dalam pengejaran," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan pelaku bahwa mereka membeli sebuah handphone dengan menggunakan uang palsu yang mereka buat sendiri.

"Jadi modusnya mereka mencetak uang palsu untuk membeli handphone dan kebutuhan mereka sehari-hari. Uang palsu yang kami sita ada pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu," katanya. []

Berita terkait
Sabu asal Malaysia Gagal Beredar di Makassar
Tim Ubur-ubur Polrestabes Makassar berhasil menangkap seorang pengedar narkoba jaringan internasional.
Ibu Bhayangkari Tewas Digilas Truk Tronton di Makassar
Seorang ibu Bhayangkari bernama Sutriani Mustafa, tewas digilas kendaraan roda empat, truk tronton di Makassar. Ini kronologinya
Begini Sosok Qifly Tamara di Mata Suporter PSM Makassar
Kepergian Qifly Tamara memberi duka mendalam bagi sepakbola Makassar hingga Indonesia. Ini sosok Qifly di mata suporter PSM.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.