UNTUK INDONESIA
Presiden Pulang Kampung, Peresmian Manahan Dimajukan
Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Sabtu 15 Februari 2020. Usai peresmian digelar uji coba Persis Solo lawan Persib.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (tengah) menyampaikan Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 15 Februari 2020. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Solo - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 15 Februari 2020 malam ini. Peresmian tersebut maju dari rencana awal yang semula dijadwalkan pada 29 Februari 2020. Usai peresmian dilanjutkan pertandingan uji coba Persis Solo melawan Persib Bandung.

Konfirmasi jadwal peresmian Manahan disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau stadion, Jumat 14 Februari 2020. Basuki mengatakan peresmian stadion dilakukan setelah melihat beberapa persiapan dan pembangunan yang sudah selesai.

Dia menuturkan Presiden semula akan meresmikan Stadion Manahan pada 29 Februari 2020. Ini bersamaan dengan peresmian KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS).

Peresmian sekaligus penyerahan pengelolaan. Kalau ada perbaikan kami masih dalam tahap pemeliharaan. Tapi jangan dirusak meski masih dalam tahap pemeliharaan

"Peresmian direncanakan bersamaan dengan KA bandara. Tetapi kebetulan ada pertandingan Persis Solo melawan Persib Bandung, wali kota mengusulkan sekalian diresmikannya stadion," ujar menteri.

Dari jadwal yang diterima, Presiden Jokowi melakukan perjalanan dinas ke Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 14-15 Februari 2020. Saat pulang kampung, Presiden pun dijadwalkan meresmikan stadion. 

Lebih lanjut, Basuki menuturkan peresmian Stadion Manahan sekaligus penyerahan pengelolaan dari Kemen PUPR kepada Pemkot Solo. Mengingat masih dalam tahap pemeliharaan, Basuki mengatakan akan ada perbaikan jika nantinya ada kerusakan pada bangunan stadion.

"Peresmian sekaligus penyerahan pengelolaan. Kalau ada perbaikan kami masih dalam tahap pemeliharaan. Tapi jangan dirusak meski masih dalam tahap pemeliharaan," ujar dia menegaskan

Peresmian Bertepatan HUT ke-20 Pasoepati

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan peresmian Stadion Manahan bertepatan dengan peringatan HUT ke-20 Pasoepati dan Hari Jadi ke-275 Kota Solo.

Tak hanya itu, saat peresmian Stadion Manahan akan digelar laga persahabatan Persis melawan Persib. Pertandingan digelar pada pukul 19.00 WIB.

"Dari pada bolak-balik, saya sekalian meminta kepada Bapak (Presiden Jokowi) meresmikan Stadion Manahan," kata wali kota.

Revitalisasi Stadion Manahan menghabiskan dana sebesar Rp 301 miliar. Stadion bertaraf internasional tersebut dilengkapi sejumlah fasilitas yang berstandar FIFA, di antaranya single seat, ruang ganti pemain dan wasit, jacuzzi, area pemanasan pemain, dan kamera CCTV yang ada di dalam stadion.

Stadion tersebut menjadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-20 2021. Stadion itu terpilih setelah renovasi yang dilakukan memenuhi persyaratan dari FIFA. []

Berita terkait
Persis Solo, Tim Liga 2 yang Sudah Siap Berkompetisi
Persis Solo menjadi satu-satunya tim Liga 2 yang melakukan persiapan menghadapi kompetisi. Pelatih Salahuddin juga terus menyeleksi pemain.
Kemenpora Pastikan Enam Stadion Piala Dunia FIFA U20
Kemenpora pastikan enam stadion utama yang akan digunakan untuk Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 pada 24 Mei-12 Juni 2021
FIFA Tinjau Stadion Manahan Sebagai Venue PD U-20
FIFA meninjau Stadion Manahan, Solo, Selasa 17 September 2019 yang jadi salah satu venue bila Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.
0
Akibat Penunggu Pasien Tak Jujur di RSUP Sardjito
Akibat penunggu pasien di RSUP Sardjito Yogyakarta tidak jujur, akibatnya 53 tenaga medis harus menjalani tes swab.