UNTUK INDONESIA
Persis Solo, Tim Liga 2 yang Sudah Siap Berkompetisi
Persis Solo menjadi satu-satunya tim Liga 2 yang melakukan persiapan menghadapi kompetisi. Pelatih Salahuddin juga terus menyeleksi pemain.
Persis Solo menjadi satu-satunya tim Liga 2 yang melakukan persiapan menghadapi kompetisi. Pelatih Salahuddin juga terus menyeleksi pemain untuk melengkapi skuat. (Foto: Tagar/Gonang Susatyo)

Solo - Persis Solo menjadi satu-satunya tim yang sudah melakukan persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2020. Karena skuat belum lengkap, pelatih Salahuddin tetap melakukan seleksi pemain, salah satunya pemain sayap dari tim Liga 1.

Persis hanya memberi libur beberapa pekan kepada 14 pemain yang dipertahankan. Mereka pun kembali melakukan persiapan sejak November tahun lalu. 

Dengan target promosi Liga 1 musim depan, Persis ingin melakukan persiapan lebih baik. Mereka menjalani latihan rutin yang diselingi dengan uji coba setiap akhir pekan. 

Uji coba memang agak berbeda karena kami menghadapi tim Liga 1

Persis sempat melakukan uji coba melawan juara Liga 2 2019 Persik Kediri. Dalam laga di Kediri, Persik sukses menang 1-0. 

"Uji coba itu untuk melihat sejauh mana pemain memahami cara bermain seperti yang diharapkan pelatih. Selain itu pemain tidak jenuh karena menjalani latihan rutin tetapi belum memasuki kompetisi sehingga mereka perlu uji coba," kata asisten pelatih Kahudi di Solo, Jumat 3 Januari 2020. 

"Uji coba dilakukan setiap akhir pekan. Karena tampaknya belum ada tim Liga 2 yang melakukan persiapan, kami akhirnya beruji coba melawan tim-tim lokal atau kadang game internal," ujarnya. 

Kini, Laskar Sambernyawa kembali akan melakoni uji coba. Kali ini tidak tanggung-tanggung, mereka menghadapi tim Liga 1 Persebaya Surabaya. Duel akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 11 Januari 2020.

"Uji coba memang agak berbeda karena kami menghadapi tim Liga 1. Mereka punya kualitas dan tim-tim Liga 1 rata-rata hanya libur pendek. Mereka sudah langsung persiapan menghadapi kompetisi musim 2020," kata Kahudi. 

"Di pertandingan ini, pemain akan mendapat pengalaman bertanding dan menambah jam terbang pertandingan. Lebih dari itu, mereka akan mendapat tekanan karena bermain di hadapan suporter fanatik Persebaya," tutur dia lagi. 

Meski melakukan persiapan sejak awal, namun Persis mengalami kesulitan merekrut pemain terbaik. Menurut Kahudi pemain yang diincar rata-rata sudah diikat kontrak oleh tim-tim Liga 1. Meski demikian saat ini Persis tengah menyeleksi eks pemain sayap PS Tira Persikabo, Ridwan Tawainella dan pemain dari tim Liga 2 Madura FC. 

"Tak mudah mendapatkan pemain terbaik. Saat ini kami menyelesaikan Ridwan yang sebelumnya bermain di PS Tira dan pemain dari Madura FC. Kami masih butuh pemain di beberapa posisi. Apalagi pemain memang belum banyak," ujarnya. 

Persis, sebelumnya nyaris lolos ke 8 Besar Liga 2 musim lalu setelah memiliki poin sama dengan Mitra Kukar. Namun Persis dinyatakan tidak lolos karena PT LIB menggunakan sistem head-to-head dan bukannya selisih gol.

Gagal di musim lalu, kini Persis mematok target promosi di kompetisi 2020. Dengan materi pemain yang lebih baik dan persiapan cukup lama, Persis bakal menjadi salah satu kandidat poromosi ke kasta tertinggi. []

Berita terkait
Persik Kediri Lawan Persis Solo di Celebration Game
Persik Kediri menggelar Celebration Game menghadapi tim Liga 2 Persis Solo di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu 8 Desember 2019.
Bukan Mitra Kukar Tapi Persis yang Lolos 8 Besar
Persis Solo yang berhak lolos ke 8 Besar Liga 2 karena selisih golnya lebih baik dibandingkan Mitra Kukar. Persis yang seharusnya di posisi 4.
Derbi Mataram Berakhir Rusuh Saat Persis Taklukkan PSIM
Derbi Mataram berakhir rusuh saat PSIM Yogyakarta dikalahkan Persis Solo 2-3 di Stadion Mandala Krida, Senin 21 Oktober 2019.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.