Pratikno: 17 Agustus Hentikan Semua Kegiatan 3 Menit

Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020, masyarakat hikmat 3 menit.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Sekretaris Negara (Setneg) Pratikno. (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 akan dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat kondisi saat ini ada pandemi Covid-19.

Pratikno menyebut, perayaan 17 Agustus mendatang, akan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan keterlibatan aktif seluruh masyarakat terhadap kegiatan ini yang akan dilakukan secara virtual.

Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020, pukul 10 lewat 17 menit WIB.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk turut menghormati peringatan hari kemerdekaan Indonesia, dengan menghentikan kegiatan sejenak selama tiga menit dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17 WIB.

Baca juga: Pratikno: Kibarkan Bendera Merah-Putih Selama Agustus

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020, pukul 10 lewat 17 menit WIB," kata Pratikno dalam video yang ditayangkan pada Selasa, 28 Juli 2020.

Ia menyatakan, perayaan kemerdekaan tahun ini harus tetap berjalan hikmat di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir. 

"Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan detik-detik Proklamasi," ucap dia.

Baca juga: Puncak Suhu Dingin di Malang Raya Terjadi Agustus

Sebagai informasi, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini hanya akan dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam serangkaian upacara peringatan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus corona yang makin parah lagi.

Selain itu, dijelaskan Pratikno, seluruh masyarakat nantinya dapat mengikuti jalannya upacara peringatan kemerdekaan secara virtual.

"Hal tersebut dilakukan mengingat suasana pandemi yang tidak memungkinkan untuk menghadirkan masyarakat dan tamu undangan lain dalam jumlah besar serta lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat," kata Pratikno. []

Berita terkait
Pantai Karangjahe Rembang Target Buka Awal Agustus
Wisata Pantai Karangjahe Rembang menargetkan bisa buka untuk umum awal Agustus. Pengelola sudah melengkapi syarat yang diminta pemerintah.
Google Pixel 4A Rilis 3 Agustus 2020
Google Pixel 4A diperkirakan akan memulai debutnya di pasar gawai Amerika Serikat dengan harga mulai dari 349 dolar AS atau sekitar Rp 5 juta.
Perjalanan Kereta Api di Sumbar Aktif Awal Agustus
Perjalana Kereta Api di Sumatera Barat akan kembali aktif mulai tanggal 1 Agustus 2020.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19