UNTUK INDONESIA
Pramono Anung Lepas Kepulangan Perdana Menteri Jepang
Sekretaris Kabinet Pramono Anung melepas kepulangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 21 Oktober 2020.
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga kembali ke negaranya dilepas Seskab Pramono Anung. (Foto: Tagar/Humas Setkab RI)

Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung melepas kepulangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 21 Oktober 2020 siang. Pesawat yang membawa PM Suga beserta rombongan lepas landas sekitar pukul 12.45 WIB. Kepulangan ini menutup seluruh rangkaian kegiatan PM Jepang ini selama 2 hari berada di Indonesia.

PM Yoshihide Suga tiba di Indonesia, Selasa, 20 Oktober 2020 siang, sekitar pukul 13.00 WIB, yang juga langsung disambut oleh Seskab Pramono Anung. Selanjutnya, PM Jepang melakukan kunjungan resmi dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan resmi tersebut juga dilakukan pertemuan bilateral antara kedua negara. Sejumlah kesepakatan dihasilkan dalam pertemuan tersebut, diantaranya kerja sama pengelolaan pandemi Covid-19, pembentukan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk perjalanan bisnis esensial, upaya memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, serta kemitraan Indonesia-Jepang dalam memperkuat kerja sama multilateral.

PM Suga mengungkapkan bahwa kunjungan ke Indonesia kali ini merupakan rangkaian perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjadi Perdana Menteri Jepang, September lalu.

“Saya merasa sangat senang dapat mengunjungi Indonesia yang merupakan negara besar di ASEAN, dalam lawatan pertama keluar negeri sejak saya menjabat sebagai perdana menteri,” ujarnya dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet.

Ia juga mengapresiasi penyambutan yang dilakukan oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Saya mengucapkan terima kasih atas ketulusan dan kehangatan hati Bapak Presiden Joko Widodo dalam menyambut kami di Istana Kepresidenan Bogor,” ucapnya.

Hasil kunjungan itu, salah satunya Indonesia dan Jepang menjalin kerjasama dengan membuka tujuan perjalanan bisnis strategis. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu sudah berkomunikasi dan akan menyelesaikan detailnya hingga November 2020.

"Saya dan Perdana Menteri Suga telah sepakat mengenai pentingnya pembentukan Travel Corridor Arrangement bagi business essential," kata Jokowi.

"Kita juga sepakat menugaskan menteri luar negeri Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan detail dan menyelesaikannya dalam waktu satu bulan," sambungnya.[]

Berita terkait
Jokowi Sambut Hangat PM Jepang Yoshihide Suga di Indonesia
Jokowi menyambut hangat kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor.
Prabowo Jangan ke Amerika, Jemput Habib Rizieq ke Arab Saudi
Syahganda Nainggolan mengkritisi rencana keberangkatan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto ke Amerika Serikat.
Minta Prabowo Jemput Habib Rizieq, Tokoh Ini Diciduk Polisi
Syahganda Nainggolan menyarankan Prabowo Subianto untuk menjemput Habib Rizieq Shihab. Syahganda diciduk Bareskrim Polri di Depok.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.