UNTUK INDONESIA
Jokowi Sambut Hangat PM Jepang Yoshihide Suga di Indonesia
Jokowi menyambut hangat kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor.
Presiden Jokowi Sambut PM Jepang Yoshihide Suga Di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020 (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020.

Jokowi memberi sambutan tak sendiri, ia menyambut bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kunjungan PM Yoshihide Suga ke Vietnam dan Indonesia pada pekan ini merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sejak resmi menjabat pada 16 September 2020.

"Selamat datang Perdana Menteri Jepang Bapak Yoshihide Suga beserta Ibu Nariko Suga di Indonesia," kata Jokowi lewat akun Instagram seperti dikutip Tagar, Selasa, 20 Oktober 2020.

Selamat datang Perdana Menteri Jepang Bapak Yoshihida Suga beserta Ibu Nariko Suga di Indonesia.

Baca juga: Yoshihide Suga Terpilih Gantikan PM Jepang Shinzo Abe

Kunjungan PM Yoshihide Suga kali ini juga merupakan kunjungan pertama seorang kepala pemerintahan ke Indonesia di masa pandemi Covid-19. Terlihat sejumlah penyesuaian dalam upacara penyambutan kenegaraan pun dilakukan, mulai dari jumlah pasukan kehormatan yang terbatas dan dengan jarak yang lebih renggang. Protokol kesehatan ketat diberlakukan dalam pertemuan kali ini.

Saat tiba di Istana Bogor sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan PM Yoshihide Suga disambut langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi di teras Istana karena situasi hujan. Kemudian, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali.

Selesai upacara, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana kemudian mengajak PM Yoshihide Suga dan Ibu Mariko Suga memasuki Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor untuk menandatangani buku tamu kenegaraan dan berfoto bersama, sebelum melakukan perbincangan di veranda.

Kemudian RI-1 dan PM Yoshihide Suga menuju ruang kerja untuk melakukan pertemuan tete-a-tete. Sementara itu, Ibu Iriana beserta Ibu Mariko Suga melakukan serangkaian acara pendamping yang telah disiapkan di veranda Istana. 

Baca juga: Yoshihide Suga, Anak Petani yang Jadi PM Jepang

Diketahui, Yoshihide Suga terpilih sebagai perdana menteri Jepang setelah sebelumnya resmi dikukuhkan menjadi Kepala Sekretaris Kabinet Partai Demokrat Liberal (LDP) pada Senin, 14 September 2020 memilih Kepala Sekretaris Kabinet. 

Suga dengan mudah memenangkan pemungutan suara. Ia meraih 377 dari total 534 suara sah dari anggota parlemen Partai Demokrat Liberal (LDP) dan perwakilan daerah.

Saingannya, mantan Menteri Pertahanan, Shigeru Ishiba dan Kepala Kebijakan LDP Fumio Kishida, tertinggal jauh. Seperti diberitakan dari frence24.com, mengingat mayoritas legislatif dikuasai LDP, Suga diharapkan dengan mudah memenangkan pemungutan suara parlemen pada Rabu dan menjadi perdana menteri, menggantikan Abe, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Ishiba, yang populer di kalangan publik Jepang tetapi tidak begitu populer di partainya sendiri, hanya memenangkan 68 suara. Sementara Kishida, yang pernah dianggap sebagai penerus favorit Abe, meraih 89 suara. []

Berita terkait
Saat Mariko Yoshihide Suga Menjadi Ibu Negara Jepang
Mariko Yoshihide Suga yang menjadi ibu negara baru di Jepang, memberikan pidato di hadapan pendukung suaminya di Yokohama.
Indonesia Dilirik AS dan Jepang untuk Relokasi Industri
Pandemi virus corona mendorong Amerika Serikat dan Jepang untuk merelokasi industri mereka keluar dari China antara lain ke Indonesia
Jepang Akan Transfer Alutsista ke Vietnam
Kunjungan PM Jepang, Yoshihide Suga, ke Vietnam menghasilkan kesepakatan untuk pengiriman alutsista ke Vietnam sebagai bagian diplomasi Jepang
0
NCT 127 dan NCT U Siap Tampil di Program Tokopedia WIB
Grup boyband K-Pop NCT 127 dan NCT U bakal menyapa para penggemar mereka di Indonesia dalam acara televisi bertajuk Tokopedia WIB.