PPKM Darurat Kemungkinan Diperpanjang Sampai Akhir Juli 2021

Korban meninggal Covid-19 mencapai 1.205, pemerintah pertimbangkan memperpanjang penerapakan PPKM Darurat sampai akhir Juli 2021
Seorang anak mendoakan anggota keluarga lainnya yang sudah dikuburkan di pemakaman khusus Covid-19 TPU Rorotan, Jakarta Utara. 8 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com - VOA/Indra Yoga)

Jakarta – Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan besar kemungkinan kebijakan pembatasan sosial terkait Covid-19 yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021 lalu akan diperpanjang. Eva Mazrieva melaporkannya untuk voaindonesia.com.

“Memang ini tidak mudah, ada beberapa opsi .... besar kemungkinan kami akan memperpanjang (PPKM.red) karena saya kira tidak mungkin kita dapat menurunkan atau mengendalikan perebakan kasus akibat varian Delta dalam dua minggu. Tetapi kita lihat dulu apa yang terjadi,” ujarnya menjawab pertanyaan VOA dalam konferensi pers Jumat, 16 Juli 2021, sore.

perekmbangan covid per 6 juli 2021Perkembangan Covid-19 di Indonesia per 16 Juli 2021 (Foto: Twitter Kemenkes RI @KemenkesRI)

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Darurat diberlakukan di Pulau Jawa dan Bali pada 3 – 20 Juli 2021 dengan sejumlah pedoman yang lebih ketat terkait mobilitas masyarakat guna menekan laju perebakan virus corona (Covid-19). Namun, setelah dua minggu kebijakan ini tampaknya belum berhasil mencapai sasaran itu karena jumlah kasus baru dan orang yang meninggal setiap hari terus bertambah.

1. Sebanyak 1.205 Orang Meninggal, Tertinggi Sejak Maret 2020

Pada hari Jumat, 16 Juli 2021, jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia, bahkan mencapai 1.205 orang atau yang tertinggi sejak pandemi ini merebak Maret 2020. Sementara jumlah kasus harian baru mencapai 54.000 kasus, atau yang tertinggi ketiga dalam tiga hari terakhir.

Kedua data ini menjadikan Indonesia kini memiliki kasus Covid-19 tertinggi di dunia, jauh melampaui Rusia, Meksiko dan bahkan India yang sebelumnya memiliki kasus tertinggi.

penggali kubur covid jakartaPenggali kubur pakai alat pelindung diri (APD) mengubur peti mati saat kerabat berdiri di belakang pemakaman Muslim yang disediakan pemerintah untuk korban Covid-19, di Jakarta, 7 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Willy Kurniawan)

Namun, melihat kecepatan perebakan varian Delta, yang menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tujuh kali lebih cepat dibanding varian sebelumnya, maka tidak saja Indonesia yang kini dihadapkan dengan kasus harian baru dan kasus meninggal tertinggi, tetapi juga beberapa negara lain di Asia Tenggara, antara lain: Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja.

“Kita harus melihat kasus yang ada dari hari ke hari, karena varian Delta ini berbeda,” ujar Luhut, yang juga mencontohkan bagaimana Sydney, Australia yang sempat berharap akan dapat meredam kasus dalam tiga minggu, ternyata juga tidak berhasil melakukannya.

pasien covid di sardjitoPasien Covid-19 bernapas melalui masker non-rebreather setelah beberapa orang meninggal dunia di RS Sardjito saat terjadi kelangkaan oksigen di Sleman, Yogyakarta, 4 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com - Antara/Hendra Nurdiyansyah via REUTERS)

2. Menko PMK: Perpanjangan PPKM Sudah Diputuskan di Ratas

Secara terpisah di Yogyakarta, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK,) Muhadjir Effendy, mengatakan kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali dipastikan diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

“Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan bapak Presiden (PPKM Darurat.red) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," kata Muhadjir ketika meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan tempat penampungan pasien Covid-19 (em/ah)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Kebijakan PPKM Darurat Sedang Dievaluasi, Akankah Dilanjut?
Susiwijono menjelaskan, saat ini para menteri terkait sedang melakukan rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo.
Wapres: Ikuti Aturan PPKM Darurat Terkait Ibadah Salat Id
Wakil Presiden Maruf Amin meminta kepada masyarakat untuk mematuhi aturan terutama dalam pelaksanaan ibadah hari raya Iduladha 1442 Hijriah.
PPKM Darurat Jawa dan Bali Turunkan Mobilitas Masyarakat 10-15 Persen
Mobilitas masyarakat tutun pada minggu pertama PPKM Darurat Jawa-Bali 5 – 20 Juli 2021 sebesar 10-15 persen
0
PPKM Darurat Kemungkinan Diperpanjang Sampai Akhir Juli 2021
Korban meninggal Covid-19 mencapai 1.205, pemerintah pertimbangkan memperpanjang penerapakan PPKM Darurat sampai akhir Juli 2021