UNTUK INDONESIA
Potensi Ekspor US$ 229 Juta, LPEI Siap Dukung Industri Halal
LPEI mengatakan, potensi pasar ekspor produk makanan halal untuk kawasan Afrika, Timur Tengah dan Asia Selatan mencapai US$ 229 Juta di tahun 2020.
Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Daniel James Rompas. (Foto:Tagar/djkn.kemenkeu.go.id)

Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Daniel James Rompas mengatakan, potensi pasar ekspor produk makanan halal untuk kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan mencapai US$ 229 Juta di tahun 2020.

LPEI berkomitmen untuk terus mendukung industri halal berorientasi ekspor. Kami mengajak pengusaha di dalam negeri memanfaatkan berbagai produk dan layanan pembiayaan yang dimiliki LPEI sehingga diharapkan turut mendukung bisnis.

James Rompas menyebutkan, bahwa di kawasan tersebut, ada 10 besar produk makanan halal yang masih dapat terus dikembangkan potensi ekspornya. Seperti produk margarin, biskuit, olahan buah sayur, kopi, dan ekstrak makanan. Dari potensi itu, Indonesia diproyeksikan baru memiliki market share sekitar 39%.

"Masih terbuka peluang pasar ekspor sebesar 61% atau senilai US$ 139 Juta," katanya.

James Rompas juga menegaskan, bahwa LPEI siap mendukung ekspor produk halal dengan bauran produk yang lebih luas, baik dengan skema konvensional maupun syariah. Selain itu, pihaknya juga melaksanakan Penugasan Khusus Ekspor untuk segmen UKM yang berorientasi ekspor.

Upaya mendukung ekspor nasional, dilakukan LPEI melalui fasilitas penugasan umum dalam bentuk Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi untuk segmen UKM maupun Korporasi. Selain itu disediakan pula Layanan Jasa Konsultasi dalam bentuk Coaching Program for New Exporters, Marketing Handholding Program dan Desa Devisa.

"LPEI berkomitmen untuk terus mendukung industri halal berorientasi ekspor. Kami mengajak pengusaha di dalam negeri memanfaatkan berbagai produk dan layanan pembiayaan yang dimiliki LPEI sehingga diharapkan turut mendukung bisnis, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," jelas James Rompas. []

Berita terkait
Kemenkeu dan LPEI Dukung UKM Berorientasi Ekspor
Kementerian Keuangan terus berusaha mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pogram penugasan khusus ekspor.
Pemerintah Tugaskan LPEI Bina UKM Orientasi Ekspor
Dirjen PPR Kemenkeu Luky Alfirman menuturkan pihaknya berusaha membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bertahan di tengah pandemi Covid-19.
Pemulihan Ekonomi, Sri Mulyani Perluas Peran LPEI
Menkeu Sri Mulyani mengatakan salah satu langkah strategis pemulihan ekonomi adalah memperluas peran Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).
0
Potensi Ekspor US$ 229 Juta, LPEI Siap Dukung Industri Halal
LPEI mengatakan, potensi pasar ekspor produk makanan halal untuk kawasan Afrika, Timur Tengah dan Asia Selatan mencapai US$ 229 Juta di tahun 2020.