UNTUK INDONESIA
Pondok Pesantren Ummul Mukminin Makassar Terbakar
Pondok Pesantren di Makassar terbakar. Tujuh unit rumah semi permanen pondokan milik ustadz pengajar hangus.
Tujuh unit rumah semi permanen pondokan milik ustadz pengajar hangus terbakar. (Foto: Tagar/Lodi Aprianto)

Makassar - Pondok pesantren Ummul Mukminin yang berada di jalan K.H Abdul Jabbar Rasyidi, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulsel Jumat 20 September 2019, terbakar. Tujuh unit rumah semi permanen pondokan milik ustadz pengajar hangus dan rata dengan tanah.

Kebakaran hebat ini terjadi sekitar pukul 15.20 Wita. Api diduga pertama kali berasal dari salah satu rumat atau pondokan pesantren yang berada di bagian belakang dan dengan cepat api menjalar kebangunan lainnya.

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Ummul Mukminin, Drs Kadir Arif bahwa usai ia selesai sholat Ashar dan keluar masjid, tiba-tiba mendengar ada teriakan kebakaran. Sehingga ia langsung ke lokasi dan melihat pondokan telah terbakar.

"Saya baru selesai sholat lalu ada teriak kebakaran. Jadi saya pergi lihat dan sudah ada hangus terbakar," katanya.

Akibat dari kebakaran hebat itu, sedikitnya ada tujuh unit rumah pondokan terbakar dan juga ada dua kendaraan roda dua (sepeda motor) juga ikut terbakar. Dan akibatnya, kerugian materi ditaksir hingga mencapai ratusan juta.

Melihat api telah berkecamuk, ustadz Kadir juga langsung minta tolong kepada warga sekitar untuk bersama-sama memadamkan api. Selain itu, ia juga langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran kota Makassar.

Kabid Ops Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran, pihaknya langsung bergerak dan menerjunkan 5 unit armada kebakaran ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

"Armada ke lokasi ada lima unit. Dan dengan waktu 30 menit, api berhasil kita padamkan dan dibantu oleh warga sekitar," kata Mhancu sapaan akrabnya Hasanuddin.

"Penyebab kebakaran tersebut belum di ketahui pasti dan dugaan sementara adanya korsleting listrik dan kasus ini juga dalam penanganan Polsek Biringkanaya," tutup dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Jeritan Nelayan Makassar Terhadap Reklamasi CPI
Reklamasi CPI terus menuai protes dari nelayan di pesisir , menurut mereka reklamasi CPI sangat merugikan para nelayan.
PSM Makassar Andalkan Pemain Muda Lawan PS Tira
PSM Makassar mengandalkan pemain muda menyusul absennya enam pemain pilar saat menghadapi PS Tira Persikabo di Liga 1, Kamis 19 September 2019.
Bawa Bom Nelayan Makassar Diamankan Polres Pangkep
Tiga nelayan dari kota Makassar diamankan Polres Pangkep karena kedapatan membawa bahan peledak berupa detonator untuk bom ikan.
0
Pengamat Kecewa Pidato Jokowi Tidak Bahas Korupsi
Peneliti politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyayangkan Jokowi) tidak menyinggung persoalan korupsi dalam pelantikannya.