UNTUK INDONESIA
Polisi Temukan Empat Hektare Ladang Ganja di Aceh
Personel Kepolisian Resor Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, berhasil menemukan ladang ganja seluas empat hektare.
Sejumlah personel Polisi dari Kepolisian Resor (Polres) Aceh Utara saat berada di kebun ganja, di Desa Cot Mancang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. (Foto: Tagar/Istimewa)

Lhokseumawe - Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, berhasil menemukan ladang ganja seluas empat hektare di perbukitan Desa Cot Mancang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Aceh Utara AKP M Daud, mengatakan ladang ganja tersebut ditemukan pada Jumat, 14 Februari 2020. Satu orang tersangka berinisial Her, 40 tahun, berhasil ditangkap.

“Ladang ganja seluas empat hektare itu langsung dimusnahkan petugas dengan cara dibakar. Sementara, satu orang tersangka, warga Desa Bale Gajah, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berhasil ditangkap,” ujar Daud, Sabtu, 15 Februari 2020.

Tersangka hanya mengaku kalau ladangnya satu hektare saja

Daud menambahkan, penemuan ladang ganja itu merupakan pengembangan kasus seorang perempuan berinisial DS, yang ingin menyelundupkan ganja kering ke suaminya yang ditahan di Rutan Lhoksukon.

Kepada petugas, DS mengaku menerima ganja dari Her. Polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tersangka.

“Saat menuju ke lokasi ladang ganja, harus berjalan kaki selama dua jam dengan kondisi berbukit. Lokasi ladang tersebut letaknya memang sangat tersembunyi,” tutur Daud.

Jumlah tanaman ganja yang ditemukan petugas mencapai ratusan batang, mulai dari bibit, hingga tanaman yang sudah siap panen. Meskipun demikian, Her mengakau kalau lahannya hanya satu hektare.

“Tersangka hanya mengaku kalau ladangnya satu hektare saja, selebihnya tidak tahu punya siapa. Saat ini dia sudah dibawa ke Mapolres Aceh Utara, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Daud. []

Berita terkait
Ladang Ganja dan Tuannya Digerebek di Papua
Sebanyak 56 batang ganja berukuran tinggi 50 cm hingga tinggi 3 meter berhasil disita aparat keamanan di Kampung Kalilapar 1, Distrik Waris, Papua.
Ditemukan Ladang Ganja 3 Ha di Pagaralam Sumsel
Polres Pagaralam, Sumatera Selatan menemukan ladang ganja seluas tiga hektare di daerah perbukitan.
Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Madina
BNNP BNNK Mandailing Natal menemukan ladang ganja seluas dua hektare di wilayah perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal.
0
Pidana Mati Korupsi Dana Covid-19, PPP: Komisi III Oke
Arsul Sani: Pidana hukuman mati itu harus diberikan kepada para pelaku yang mencuri dana penanggulangan Covid-19 dengan nilai yang begitu besar.