Polemik Babi Panggang Jokowi, Bipang Ada Terbuat dari Beras, Ketan

Jokowi menyebut Bipang Ambawang dalam pidato kuliner nusantara. Ini kemudian jadi polemik seolah Jokowi menyuruh masyarakat membeli babi panggang.
Jokowi. (Foto: Tagar/Facebook Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato khusus untuk mempromosikan kuliner nusantara, yang kangen makanan khas tidak harus mudik untuk mendapatkan makanan khas tersebut, satu di antaranya adalah Bipang Ambawang. Ini kemudian menjadi heboh seolah Presiden menyuruh masyarakat membeli babi panggang.

Bipang Ambawang tidak selalu terbuat dari babi, ada bipang yang dibuat dari beras, ketan.


Hal tersebut disampaikan Politisi Nasdem Irma Suryani Chaniago dalam program Tanpa Basa Basi di Tagar TV, Minggu, 9 Mei 2021. 

Irma Suryani menjelaskan Bipang Ambawang tidak selalu terbuat dari babi, ada bipang yang dibuat dari beras, ketan. Hanya saja kemudian ada sebuah restoran di Kalimantan Barat memiliki menu makanan babi panggang yang dia singkat menjadi bipang. Ini kemudian menjadi kontroversi. Padahal yang dimaksud Presiden Jokowi bukan bipang babi panggang tersebut.

Jokowi sebagai Presiden RI ingin menghargai kuliner seluruh nusantara, kata Irma, kemudian secara khusus menyampaikan kepada kita semua bahwa untuk mendapatkan makanan-makanan khas kampung halaman, kita tidak perlu lagi harus mudik, bisa membelinya secara online, itu intinya.

"Tidak perlu ada perdebatan goreng-menggoreng isu. Berhentilah. Hari ini kita sama-sama sedang menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan menuju Idul Fitri, pikiran dan hati kita harus bersih," tutur Irma.

Irma Chaniago yakin yang disampaikan Presiden adalah bipang yang terbuat dari beras atau ketan, sehingga berhentilah oknum-oknum yang selama ini mengatakan dirinya beragama tapi bulan Ramadan ini tetap saja melakukan aktivitas goreng-menggoreng hal tidak penting. Batal puasa karena tidak berpikir secara positif.

Presiden Jokowi hanya mempromosikan makanan nusantara, tegas Irma, kalau kita rindu makanan tersebut, tidak perlu mudik, cukup pesan online, itu saja intinya.

"Mari kita laksanakan puasa kita dengan hati-hati, jangan sampai ghibah, ikut berpolemik, berpikir negatif. Bersihkan hati agar puasa kita diterima Allah SWT," tutur Irma.

Simak selengkapnya Tanpa Basa Basi Irma Chaniago tentang kontroversi Bipang Ambawang dalam video di bawah ini.



Baca juga Opini: Bipang Ambawang




Berita terkait
Irma Chaniago: Erick Thohir Pantas Jadi Presiden
Sejumlah nama sudah dikaitkan menjadi Capres potensial di Pilpres 2024. Salah satunya adalah Menteri BUMN Erick Thohir.
Irma Chaniago: Rocky Gerung Provokator Paling Memalukan
Rocky Gerung provokator memalukan, raja hate speech, badut politik cari sensasi dari panggung ke panggung. Irma Suryani Chaniago.
Irma Chaniago: Polisi Brutal Hukum Mati atau Penjara Seumur Hidup
Irma Chaniago meminta polisi yang brutal menembak tiga orang hingga tewas di kafe di Cengkareng Barat itu dihukum mati atau penjara seumur hidup.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.