UNTUK INDONESIA
Polda DIY Awali 2020 Aksi #PolriMenanamSejutaPohon
Polda DIY melakukan penanaman pohon di Gunungkidul. Kegiatan ini dalam rangka peresmian sumber air Bumi Damai yang menghidupi 500 jiwa di Mertelu.
Wakapolda DIY Brigjen Pol karyoto bersama warga saat melakukan penanaman pohon di wilayah Kabupaten Gunungkidul (Foto: Humas Polda DIY/Tagar/Evi Nur Afiah)

Gunungkidul - Polda DIY mewarnai awal tahun 2020 dengan menyelenggarakan aksi sosial untuk warga Padukuhan Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Aksi tersebut berupa kegiatan #PolriMenanamSejutaPohon.

Aksi sosial dengan hastage #PolriMenanamSejutaPohon jenis dalam rangka peresmian Sumber Air "Bumi Damai". Dibangunnya sumber air dan penanaman pohon karena keduanya saling memiliki keterkaitan.

Sebuah sumur yang baru saja selesai dibangun, telah menjadi jawaban atas kesulitan air yang selama ini menghadang sekitar 500 jiwa warga Padukuhan Mertelu.

Kegiatan ini dipimpin Wakapolda DIY Brigadir Jenderal Polisi Karyoto bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DIY H. Edhi Gunawan. Turut melakukan penanaman, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda DIY Komisaris Besar Polisi Yuliyanto, Kapolres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi, Agus Setiyawan, Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul H. Aidi Johansyah serta tamu undangan lainnya.

Saat menyampaikan sambutannya, Wakapolda DIY menyampaikan bahwa setiap manusia seharusnya bisa belajar dari sebuah pohon kelapa. Mengapa begitu? 

"Semua yang ada di pohon kelapa itu bermanfaat. Mulai dari akarnya, batangnya, buahnya, bahkan lidinya bisa bermanfaat," kata Wakapolda DIY Brigjen Pol Karyoto, Kamis 2 Desember 2020.

Menurut Kakanwil Kemenag DIY, kegiatan ini tidak lepas dari pertemuannya dengan Bripka Nur Ali. Bertepatan dengan Hari Amal Bakti, maka Kemenag DIY menyatakan siap mendukung kegiatan ini. "Kami tentu akan mendukung Kegiatan sosial seperti ini. Apalagi sifatnya membantu kebutuhan masyarakat di sini," ucap Edhi.

Semua yang ada di pohon kelapa itu bermanfaat. Mulai dari akarnya, batangnya, buahnya, bahkan lidinya bisa bermanfaat.

Sekedar informasi, Bripka Nur Ali merupakan anggota kepolisian yang berdinas di Polda DIY dan Yayasan Bumi Damai rajin melakukan blusukan ke wilayah-wilayah terpencil termasuk ke wilayah Gunungkidul. Hal tersebut kemudian disampaikan kepada Pimpinan di Polda DIY dan mendapatkan respon positif.

Kombes Pol Yuliyanto mengatakan aksi #PolriMenanamSejutaPohon ini dilakukan secara bertahap di berbagai tempat. Salah strategi kepolisian untuk dapat semakin sinergis dengan berbagai unsur dan masyarakat. Aksi ini akan melibatkan peran serta dari seluruh elemen masyarakat dan instansi pemerintah nantinya.

"Di Mertelu ini merupakan kegiatan pembuka, ke depan akan dilakukan oleh semua jajaran kepolisian di berbagai wilayah dan akan terus berlanjut," kata dia. []

Baca Juga:

Berita terkait
Penanaman Bawang Putih di Humbahas Cuma Uji Coba
Distan Humbahas mengakui kualitas bawang putih yang bibitnya dari pemerintah hasilnya tidak memuaskan.
Hari Penanaman Pohon Indonesia, Kodim 0609 Tanam Seribu Pohon
Dandim 0609/Kab.Bandung Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan mengatakan, penanaman ‘1.000 pohon selamatkan bumi’ ini bertujuan untuk menghijaukan, menjaga dan melestarikan alam,
Anyaman yang Ramah Lingkungan dan Bernilai Ekonomis
Belakangan ini masyarakat lebih memilih peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik sehingga meminggirkan anyaman yang justru ramah lingkungan
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.