Jusuf Kalla Terpilih Kembali Pimpin PMI 2019-2024

Jusuf Kalla, terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) periode 2019-2024.
Jusuf Kalla menerima pataka bendera PMI menandakan secara resmi terpilih kembali sebagai Ketua Umum PMI periode 2019-2024. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Jakarta - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) periode 2019-2024. Kalla terpilih pada Musyawarah Nasional ke XXI PMI di Hotel Milenium Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Pernyataan dukungan kepada Jusuf Kalla disampaikan oleh pengurus provinsi PMI seluruh Indonesia ketika selesai membacakan pidato tentang diterimanya laporan pertanggungjawapan Ketua Umum PMI periode 2014-2019 lalu yang dilakukan sampai pukul 22.00.

"Berdasarkan aspirasi dari seluruh pengurus PMI se-Indonesia, maka musyawarah PMI XXI tahun 2019 memutuskan dan menetapkan HM Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI periode 2019-2024 dan berlaku sejak ditetapkan sejakhari ini," ujar Pimpinan Musyawarah Nasional 2019, Letjen. TNI (Pur) Sumarsono.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara resmi membuka munas PMI ke XXI pada Senin, 16 Desember 2019.

"Di bidang pelayanan kesehatan baik itu pelayanan kesehatan dalam kondisi darurat bencana, maupun pelayanan kesehatan lainnya seperti transfusi darah, PMI menjadi salah satu aktor utama yang membantu masyarakat," kata Ma'ruf Amin.

Dia menuturkan PMI telah berkontribusi besar dalam sejumlah bencana kemanusiaan. Para sukarelawan yang tergabung dalam PMI terlibat dalam pemulihan wilayah bencana hingga bantuan kemanusiaan untuk sejumlah negara.

PMI yang telah diperkuat dengan Undang-undang No.1/2018 tentang Kepalangmerahan diharapkan dalam kerja kemanusiaan di Indonesia semakin memperkuat kebersamaan para relawan.

Dalam 10 tahun terakhir, PMI juga telah berkiprah di dalam dan luar negeri dalam berbagai isu kemanusiaan termasuk penanganan pasca bencana alam serta menginisiasi dan mempimpin upaya penyelasaian konfik. []

Berita terkait
Menyoal Skrining Darah di PMI Kota Makassar
Skrining darah terhadap HIV di PMI dilakukan dengan cara unlinked anonymous yaitu yang diskrining HIV adalah darah donor bukan donor darah
PMI Suplai 15 Tangki Air ke Puluhan Desa di Tegal
75.000 liter air bersih disalurkan ke desa-desa di Kabupaten Tegal karena krisis air bersih.
Buya dan Jusuf Kalla Soroti Mendikbud Hapus UN
Buya Syafii Maarif dan Jusuf Kalla meminta Mendikbud hati-hati tentang rencana menghapus UN. Butuh diskusi mendalam soal penggantian UN.