Pohon Tumbang di Magelang Rusak Sekolah dan Rumah Warga

Angin kencang membuat sejumlah pohon di Magelang tumbang. Imbasnya, sebuah sekolah dan dua rumah warga rusak tertimpa pohon.
Sejumlah pohon bertumbangan saat hujan deras disertai angin kencang melanda Magelang, Sabtu, 14 November 2020. Sebuah sekolah, dua rumah warga, rusak tertimpa pohon. (Foto: Tagar/BPBD Kab Magelang)

Magelang - Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kabupataen Magelang, Sabtu, 14 November 2020. Sebuah bangunan sekolah, dua rumah warga, dan sejumlah jaringan listrik mengalami kerusakan imbas bencana alam tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan, hujan serta angin tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Hujan tersebut berdampak pada warga di Kecamatan Borobudur dan Candimulyo. Di Dusun Karangsari, Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur ada satu rumah warga milik Nano Widodo dan bangunan MTS Maarif Bigaran dilaporkan mengalami rusak ringan," jelas Edi.

Untuk kerusakan rumah dan bangunan, sebagian besar berupa kerusakan genting akibat tertimpa pohon

Sementara di Dusun Tegalsari, Desa Tegalsari, Kecamatan Candimulyo, ada satu rumah warga milik Harni, juga mengalami kerusakan ringan. Selain itu, sejumlah pohon yang tersebar di Kecamatan Candimulyo ambruk hingga menimpa jaringan listrik dan sempat menutup akses jalan penghubung beberapa dusun.

"Untuk kerusakan rumah dan bangunan, sebagian besar berupa kerusakan genting akibat tertimpa pohon," terang Edi.

Baca juga: 

Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat musibah tersebut. Saat ini, lanjut Edi, BPBD telah melakukan kaji cepat dan penanganan darurat bersama dengan sejumlah instansi terkait. Seperti Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, relawan, serta warga.

"Rencananya, akan dilaksanakan kegiatan kerja bakti pada Minggu, 15 November 2020 untuk penanganan sejumlah titik yang belum selesai pembersihan," ungkap Edi. []

Berita terkait
Pohon Tumbang Porak-porandakan Garasi Markas SAR di Bantul
Pohon kelapa tumbang menimpa garasi dan mobil milik SAR DIY di Bantul. Hujan deras disertai angin kencang kerap melanda Yogyakarta.
Diterjang Angin Kencang, Pohon di Kudus Bertumbangan
Bencana alam berupa angin kencang menerjang wilayah Kudus. Pohon, baliho dan tiang listrik bertumbangan.
Viral Angin Tornado Terbidik Kamera Warganet di Bulukumba
Rekaman video kamera warganet berupa fenomena pusaran angin tornado menjulang tinggi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, viral di medsos.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.