UNTUK INDONESIA
Viral Angin Tornado Terbidik Kamera Warganet di Bulukumba
Rekaman video kamera warganet berupa fenomena pusaran angin tornado menjulang tinggi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, viral di medsos.
Ilustrasi angin tornado di Amerika Serikat. (Foto: Tagar/Getty Images)

Bulukumba – Media sosial dihebohkan video viral berupa rekaman kamera warganet perihal fenomena pusaran angin tornado yang menjulang tinggi di Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu, 4 November 2020. Angin berkecepatan tinggi itu dikenal juga dengan sebutan angin topan atau angin puting beliung.

Video berdurasi 54 detik itu sempat diunggah oleh akun @info.bulukumba pada Selasa, 3 November 2020. Dalam video tersebut, terlihat pusaran angin menjulang tinggi ke langit tepat di Jalan Kawasan Pantai Tanjung Bira.

Selain itu, kejadian yang sama terjadi sekitaran pelabuhan penyeberangan Bira, Bulukumba - Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba, Abdul Haris, menyebutkan angin tersebut merupakan angin puting beliung.

"Wilayah rawan memang dengan angin sekitaran itu," sebut Abdul Haris, Rabu 4 November 2020.

Berdasarkan kerawanan itu, Abdul Haris mengingatkan nelayan yang sedang beraktivitas di laut untuk tidak melakukan aktivitas melaut sementara waktu. Sebab fenomena waterspout itu disebutnya sangat berbahaya.

Sekedar diketahui, angin puting beliung atau yang dikenal juga dengan istilah waterspout atau tornado adalah angin kencang yang berputar dari awan dengan kecepatan lebih dari 64 kilometer perjam.

"Kami sangat berharap masyarakat Kabupaten Bulukumba dapat mengantisipasi potensi angin kencang," harapnya.

Menurut Abdul Haris, sampai saat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba belum menerima laporan atau informasi terkait kerusakan.

"Belum ada laporan masuk, ini saya baru pulang dari kantor," tutupnya.[]

Berita terkait
Curhatan Ridwan, Anggota Satpol PP Bulukumba Dianiaya 6 Pria
Ini curhatan Ridwan, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di rumah pribadi Wakil Ketua DPRD Bulukumba yang dianiaya 6 orang pria.
Debat Paslon Cakada Bulukumba Dipindahkan ke Makassar
KPU Bulukumba memindahkan lokasi debat publik putaran pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba. Ini alasannya
Beda Pilihan Pilkada 2020, Sebab Duel Emak-emak di Mamuju
Beda pilihan antara dua kubu dalam Pilkada 2020 diduga menjadi pemicu perkelahian antara emak-emak di Mamuju, Sulawesi Barat yang viral di medsos.
0
Viral Angin Tornado Terbidik Kamera Warganet di Bulukumba
Rekaman video kamera warganet berupa fenomena pusaran angin tornado menjulang tinggi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, viral di medsos.