UNTUK INDONESIA
Pertamina Tegal Jamin BBM di Tol Pejagan-Pemalang
21 titik layanan, di antaranya enam mobile dispenser dan ‎empat titik kios BBM disiapkan untuk antisipasi lonjakan BBM di tol Pejagan-Pemalang.
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang. Pertamina siap mengantisipasi kenaikan kebutuhan BBM di jalan tol tersebut. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Pertamina Tegal menyatakan kesiapannya menghadapi lonjakan arus kendaraan di musim libur Natal dan Tahun Baru. Tak hanya di ruas tol Pejagan-Pemalang, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di jalur pantai utara (Pantura) juga dijamin. 

Sales Branch Manager LPG Wilayah 1 Pertamina Tegal Vano Daniel Wibawanto‎ mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru, kebutuhan BBM di ruas tol dan jalur Pantura barat diprediksi melonjak 14%. Kenaikan terutama untuk BBM jenis pertalite dan pertamax.

"Sesuai asumsi peningkatan itu, kami juga melakukan langkah antisipasi dengan menambah pasokan‎ sebesar 14 persen dari pasokan normal 460 kilo liter per hari," jelas dia, Senin, 16 Desember 2019.

‎Menurut Vano, perkiraan peningkatan kebutuhan BBM tersebut tak setinggi perkiraan peningkatan kebutuhan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. "Kalau tahun lalu peningkatannya 15 sampai 16 persen," ucapnya. 

21 titik layanan itu di antaranya enam mobile dispenser dan ‎empat titik kios BBM kemasan untuk memenuhi kebutuhan BBM di ruas jalan tol.

Untuk antisipasi kenaikan BBM di jalur tol Pejagan-Pemalang, sebanyak 21 titik layanan akan dioptimalkan. 

"21 titik layanan itu di antaranya enam mobile dispenser dan ‎empat titik kios BBM kemasan untuk memenuhi kebutuhan BBM di ruas jalan tol," kata dia. 

Vano mengungkapkan, enam mobile dispenser atau SPBU portabel dan kios BBM kemasan akan disediakan di seluruh rest area di ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang. 

Yakni di di Km 252, Km 275, Km 294, dan Km 291. Selain mobile dispenser, di lokasi-lokasi peristirahatan tersebut juga akan disiagakan mobil tangki untuk menjaga ketersediaan BBM.

‎"Tempat-tempatnya sudah tersedia. Petugas juga sudah stand by. Tinggal dilakukan pengisian saja. Kemungkinan beberapa hari ke depan sudah mulai diisi," ujar Vano.

Sedangkan antisipasi peningkatan kebutuhan BBM di ruas jalan Pantura, antara lain penyiagaan mobil tangki dan SPBU kantong. "Mobil tangki nanti stand by sehingga pasokan BBM tidak sampai harus menunggu pengiriman dari depo," terang dia. []

 Baca juga: 

Berita terkait
Jelang Natal, Pertamina Antisipasi Lonjakan BBM
Jelang natal dan tahun baru, Pertamina marketing operation region (MOR) VIII Maluku-Papua mulai antisipasi lonjakan kebutuhan BBM.
Angin Kencang di Tegal Rusak Rumah dan Sekolah
Angin kencang menerjan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejumlah bangunan rumah dan sekolah rusak.
Perbaikan Jalan di Tegal Pakai Aspal Sampah Plastik
Terobosan baru dilakukan Pemkot Tegal, Jawa Tengah. Perbaikan jalan rusak akan memanfaatkan aspal berbahan campuran sampah plastik.
0
Nyaris Kalah, Juventus Gagal Dekati AC Milan
Juventus gagal meraih 3 poin setelah ditahan Verona di laga kandang di Serie A Italia. Juve pun gagal merapatkan jarak poin dengan AC Milan.