UNTUK INDONESIA
Natal dan Tahun Baru: Pertamina Tambah Pasokan LPG
Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan saat Natal dan Tahun Baru, Pertamina akan tambah pasokan gas LPG 3 kilogram.
Warga mengantre membeli elpiji 3 kilogram saat digelar operasi pasar di salah satu pangkalan elpji di Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. (Foto: Tagar|Farid Firdaus).

Tegal - ‎PT Pertamina (Persero) akan menambah pasokan gas ukuran tiga kilogram atau yang sering disebut gas melon untuk Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk mengantisipasi lonjakan permintaan saat libur Natal dan Tahun Baru. Penambahan akan dilakukan mulai pertengahan Desember. "Penambahan pasokan akan dilakukan dengan melihat perkiraan kenaikan permintaan di masyarakat," kata Sales Branch Manager LPG PT Pertamina Area Tegal, Brebes, dan Pemalang Vano Daniel, Rabu 4 Desember 2019.

Namun Daniel belum dapat menyebutkan besaran penambahan pasokan gas elpiji melon karena akan berkoordinasi dulu dengan Pertamina Semarang. Dia hanya memperkirakan kenaikan ‎permintaan pada libur Natal dan Tahun Baru sebesar 6 hingga 7 persen. "Detail angkanya belum karena kami masih harus berkoordinasi dulu dengan Pertamina Semarang. Yang jelas penambahan pasokan pasti ada," katanya. .

Menurutnya pasokan gas melon untuk wilayah Kota Tegal sebanyak 20.200 tabung per hari, Kabupaten Tegal 52.200 dan Kabupaten Brebes 51.200 tabung per hari. Secara keseluruhan untuk wilayah eks

‎Jika tidak ada penambahan, pasokan elpji 3 kg di wilayah Kota Tegal rata-rata hariannya sebanyak 20.200 tabung per hari, Kabupaten Tegal 52.200 tabung per hari‎, dan Kabupaten Brebes 51.200 tabung per hari.‎ Adapun secara keseluruhan untuk wilayah eks Karesidenan Pekalongan, pasokan regulernya sebanyak 5.523.120 tabung per bulan. ‎"Untuk penambahan pasokan nanti akan dilakukan jauh hari sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Sekitar pertengahan Desember," ujar Daniel.

Daniel menambahkan, selain menambah pasokan ke agen dan pangkalan, Pertamina juga akan membentuk satgas dan menyiagakan pangkalan ‎elpiji untuk mencegah terjadinya kelangkaan selama libur Natal dan Tahun Baru. "Ada satgas dan pangkalan siaga untuk memastikan kebutuhan elpiji 3 kg di masyarakat tercukupi. Pangkalan siaga nanti, tidak libur," jelasnya.[] 

Berita terkait
Jual LPG Diatas HET Dairi Pangkalan di PHU
Pangkalan gas elpiji di Kabupaten Dairi akan dilakukan PHU jika ditemukan menjual gas di atas harga eceran yang ditetapkan.
Anggota TNI Diduga Terlibat Mengoplos LPG di Binjai
Seorang personel TNI AD yang bertugas di POM AD, Kota Medan, diselidiki lantaran diduga terlibat dalam kasus pengoplosan elpiji subsidi.
Anggota TNI Diduga Terlibat Mengoplos LPG di Binjai
Seorang personel TNI AD yang bertugas di POM AD, Kota Medan, diselidiki lantaran diduga terlibat dalam kasus pengoplosan elpiji subsidi.
0
Gadis Belia di Toba Samosir Dihamili 3 Pria 60 Tahun
Polres Toba Samosir menerima laporan dugaan pencabulan terhadap anak di bawah umur.