UNTUK INDONESIA
Persiraja Bertekad Ulangi Sukses Juara Perserikatan
Persiraja Banda Aceh mengakhiri penantian panjang untuk kembali ke Liga 1. Kini, mereka ingin mengulangi sukses saat juara Perserikatan 1980.
Persiraja Banda Aceh mengakhiri penantian panjang untuk kembali ke Liga 1. Kini, mereka ingin mengulangi sukses saat juara Perserikatan 1980. Tim Persiraja saat melakukan konvoi saat tiba di Banda Aceh, Kamis 28 November 2019. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh - Persiraja Banda Aceh mengakhiri penantian panjang saat promosi ke Liga 1 2020. Kini, Persiraja membidik target tinggi. Mereka ingin mengulangi sukses juara pada 1980. Saat itu, Persiraja tampil sebagai juara Perserikatan. 

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman yang menyambut kedatangan tim di Banda Aceh menuturkan bila Persiraja harus bisa bersaing setelah meninggalkan Liga 2 dan promosi ke kasta tertinggi. Menurut dia Laskar Rencong seharusnya tidak sekadar mampir di Liga 1 2020 dan kemudian kembali terdegradasi. 

Sebaliknya Persiraja harus bisa berprestasi. Bahkan, ia yakin tim kebanggaan masyarakat Aceh itu bisa menjuarai Liga 1 Indonesia di masa yang akan datang.

Bagaimana ke depan kita harus bisa menjadi juara di Indonesia seperti tahun 1980 saat juara Perserikatan

Aminullah ingin mengulang kejayaan Persiraja saat masih berkompetisi di Perserikatan. Bersama legenda Perserikatan seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, PSM Makassar sampai Persipura Jayapura, Persiraja pernah diperhitungkan di kompetisi amatir itu. Mereka pun pernah menjadi juara pada 1980.

“Bagaimana ke depan kita harus bisa menjadi juara di Indonesia seperti tahun 1980 saat juara Perserikatan. Karena itu Persiraja butuh dukungan dari semua pihak,” kata Aminullah.

Pemain dan ofisial Persiraja tiba di Aceh setelah memastikan promosi ke Liga 1 dengan menduduki peringkat tiga Liga 2. Kamis 28 November 2019 pukul 17.30 WIB, pesawat yang ditumpangi Persiraja mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. Kedatangan mereka disambut meriah oleh pendukung setia yang tergabung dalam Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju (SKULL).

Pemain PersirajaPemain Persiraja Banda Aceh berjalan di atas karpet merah saat dipanggil satu-persatu ke tengah lapangan pada saat penyambutan di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh, Aceh, Kamis 28 November 2019 malam WIB. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Begitu tiba, para pemain dan ofisial disambut dengan kalungan bunga oleh Wali Kota Banda Aceh. Penyambutan juga dilakukan para suporter yang mengerumuni pintu kedatangan bandara. Mereka mengatur formasi jalan setapak untuk dilalui para pemain, dan memanjang hingga ke truk yang disediakan pihak manajemen.

Mereka kemudian diarak dari bandara menuju Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh. Usai salat magrib, para pemain dijamu makan malam dan dilakukan prosesi tepung tawari (peusijuek).

Wali Kota Aminullah Usman menyampaikan penyambutan itu merupakan bentuk kegembiraan masyarakat kota dalam menyambut tim kebanggaannya. Menurutnya, sudah belasan tahun, Laskar Rencong tidak bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia.

“Dulu janji saya jika terpilih jadi wali kota, Persiraja harus bermain di Liga 1, Alhamdulillah ini sudah terwujud,” ujar Aminullah.

Sementara, Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pembina klub dan pihak terkait lainnya. Pertemuan itu dimaksudkan membahas rencana klub menghadapi musim perdana Liga 1.

“Kami harus berbenah karena Liga 1 bukan sekadar persiapan tim tetapi juga persiapan infratruktur dan lain-lainnya. Dari semua persiapan, jujur saja kami belum siap,” katanya.

Persiraja berhasil promosi ke kasta tertinggi setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0 di perebutan peringkat ketiga di Stadion I Kapten Gianyar, Bali, Senin 25 November 2019. Kemenangan itu sekaligus menjadikan Persiraja mendampingi dua tim lainnya, yaitu Persik Kediri dan Persita Tangerang yang sudah lebih dulu lolos. []

Berita terkait
Persiraja Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Presiden
Persiraja Banda Aceh akan mengajukan diri sebagai tuan rumah piala Presiden 2020.
Sebentar Lagi Persiraja Akan Diarak Keliling Kota
Kepulangan squad Persiraja Banda Aceh akan disambut oleh Wali Kota, Aminullah Usman dan masyarakat Banda Aceh.
Persiraja Pindah Stadion untuk Laga Kandang Liga 1
Persiraja Banda Aceh pindah stadion setelah promosi ke Liga 1 musim 2020. Persiraja akan bermain di Stadion Harapan Bangsa musim depan.
0
Jadwal Liga Champions 2020, Tottenham Tanpa Striker
Tottenham Hotspur bermain dengan stok striker yang terbatas menyusul cedera yang dialami Son Heung-min saat melawan RB Leipzig di Liga Champions.