UNTUK INDONESIA
Persebaya Vs Persik, Polisi Periksa Suporter
Polisi melakukan sweeping suporter di sejumlah titik menjelang laga pembukaan Liga 1 2020 saat Persebaya Surabaya lawan Persik kediri.
Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Sandi Nugroho mengatakan polisi akan melakukan sweeping suporter menjelang pertandingan Liga 1 2020 Persebaya melawan Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu, 29 Februari 2020. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Petugas kepolisian bakal melakukan sweeping suporter di sejumlah titik menuju Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pemeriksaan dilakukan menjelang laga pembuka Liga 1 2020 saat Persebaya Surabaya menjamu Persik Kediri, Sabtu, 29 Februari 2020.

Suporter bakal menjalani pemeriksaan secara ketat. Ini dilakukan agar pertandingan Liga 1 berjalan aman dan lancar. Terutama setelah insiden rusuh suporter di Blitar di laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 saat Persebaya menghadapi Arema FC.    

Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Sandi Nugroho mengatakan pengamanan pertandingan merupakan prosedur yang ditetapkan Polda Jawa Timur. Bila ada pertandingan sepak bola, kepolisian resor di sekitar stadion turut melakukan pengalaman. Petugas melakukan sweeping dan kemudian memeriksa masyarakat yang hendak menyaksikan pertandingan di stadion. 

Suporter Persebaya harus dapat membuktikan bahwa Surabaya adalah tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan sepak bola

"Sudah ada teknis pengamanan dengan pihak terkait. Seperti di Sidoarjo, kami melakukan sweeping di daerah Waru dan tempat-tempat lain," ujar Kombes Sandi Nugroho di Surabaya.

"Kami harus semaksimal mungkin menyiapkan pengamanan untuk pertandingan itu. Liga 1 tahun ini, insya Allah aman terkendali tidak ada kendala apa pun," kata dia menegaskan.

Sandi menuturkan pihaknya menerjukan 2.300 personel pengamanan. Namun jumlah itu belum termasuk personel yang ditugaskan untuk pengamanan di jalan, khususnya yang dilalui suporter dan bus tim serta obyek vital. Dengan demikian total petugas yang disiapkan mencapai 5 ribu personel.

"Untuk prosedur dan pengaturan lalu lintas sudah dilaksanakan. Saat siang menjelang dibukanya pintu gerbang stadion, kami mengutamakan pengamanan menuju arah tersebut. Setelah selesai pertandingan, kami mengutamakan mereka yang keluar dari stadion," kata dia lagi. 

Bonek dan Bonita Turut Jaga Situasi

Kapolrestabes berharap agar pendukung Persebaya, baik Bonek maupun Bonita turut menjaga situasi dan kondisi yang sudah aman. Dengan demikian, laga pembuka liga benar-benar aman dan lancar. 

"Suporter Persebaya harus dapat membuktikan bahwa Surabaya adalah tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan sepak bola," ujarnya.

Di pertandingan pembukaan kompetisi ini, panitia pelaksana menyediakan 40 ribut. Tiket juga sudah diperjualbelikan.

Pertandingan tersebut mempertemukan Persebaya yang merupakan runner up liga musim lalu. Sedangkan Persik berstatus juara Liga 2 sekaligus tim promosi. 

Duel itu merupakan ulangan laga pembuka Piala Gubernur Jatim. Saat itu, Persebaya menang 3-1 atas rivalnya. []

Berita terkait
Persebaya Vs Persik, Jangan Remehkan Tim Promosi
Persebaya Surabaya tak meremehkan Persik Kediri dalam laga pembukaan Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu, 29 Februari 2020.
Persebaya Vs Persik, Target Poin di Pembukaan Liga 1
Tanpa striker asing, Persik Kediri menargetkan poin di laga perdana Liga 1 2020 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
Tiket Ludes, Final Persebaya Vs Persija Dijaga Ketat
Tiket ekonomi pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020 langsung habis. Petugas sudah mengantisipasi dengan memberi pengamanan ketat laga final.
0
Empat Kasus Baru Corona di Thailand, Total Jadi 47
Pemerintah Thailand melaporkan empat kasus baru virus corona jenis terbaru COVID-19.