UNTUK INDONESIA
Persebaya Surabaya Beri Kejutan Saat Launching Tim
Persebaya Surabaya memberi kejutan pemain saat launching tim dengan memperkenalkan bek Abduh Lestaluhu. Namun Abduh tak bisa hadir saat launching.
Persebaya Persebaya me-launching tim sekaligus menggelar uji coba melawan tim Malaysia Sabah FA di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 8 Februari 2020 malam WIB. Tampak striker David da Silva (kanan) dkk merayakan gol di laga yang dimenangkan Persebaya 3-1 itu. (Foto: Tagar/Haris Dwi Susanto)

Surabaya - Persebaya Surabaya memberi kejutan pemain saat launching atau peluncuran tim di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu 8 Februari 2020 malam WIB. Kejutan dalam rekrutan pemain saat Persebaya memperkenalkan bek tim nasional Abduh Lestaluhu. Hanya dia tak hadir saat launching yang juga digelar uji coba melawan Sabah FA. 

Peluncuran tim Persebaya terbilang cukup megah dan semarak. Saat launching suasana kerlap kerlip lampu di garis lapangan dengan tambahan lampu warna-warni menambah kesan tertentu untuk Bonek mengabadikan momen tersebut.

Sebelum diperkenalkan, suasana stadion mendadak gelap. Tak lama kemudian, satu-per satu pemain Persebaya tampil diiringi lampu. Suasana lapangan menjadi cukup berwarna diiringi kembang api yang menyala dari langit GBT.

Semua pemain sudah menunjukkan kemampuannya. Jadi, saya tahu kemampuan tim sebelum dimulainya kompetisi

Presiden klub Azrul Ananda mengatakan musim ini dia berharap Persebaya meraih sukses besar. Tidak hanya di Liga 1 2020 tetapi juga semua kompetisi yang diikuti. 

"Saya kira suporter Persebaya, semua kru Persebaya tahu targetnya. Tidak perlu diucapkan, tetapi kita ingin meraih hasil maksimal," kata Azrul usai launching tim.

Hanya tidak semua pemain hadir dalam launching tim, termasuk Abduh. Menurutnya bek Hansamu Yama sedang umroh. Sedangkan Angga Saputra dan Abduh sedang menjalankan tugas dari kesatuan.

Azrul memastikan kendati mereka tak hadir, namun semua pemain telah menandatangani kontrak. Maka dari itu, Azrul tak cemas karena semua pemain sudah berseragam Bajul Ijo musim ini

"Mereka memang belum bisa bergabung tetapi sudah izin pelatih. Kami juga sudah punya kontrak semua pemain," kata Azrul.

"Hansamu masih umroh dan kami berharap bisa bergabung setelah pulang. Secara legal kami sudah menuntaskan apa yang harus dilakukan untuk pemain," ujarnya memungkasi.

Persebaya Kalahkan Sabah FA 

Usai launching, Persebaya langsung beruji coba melawan tim dari Malaysia, Sabah FA. Dalam uji coba kali ini Bajul Ijo meraih kemenangan 3-1.

Pertandingan itu berjalan imbang dan cukup ketat. Hanya, Sabah FA lebih menguasai permainan di menit-menit. Alhasil Persebaya harus kebobolan lewat tendangan keras Hetor Dinar saat laga baru berjalan enam menit.

Persebaya vs Sabah FAPersebaya Persebaya beruji coba melawan tim Malaysia Sabah FA saat melakukan launching tim di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 8 Februari 2020 malam WIB. Di laga itu, Persebaya menang 3-1. (Foto: Tagar/Haris Dwi Susanto)

Beruntung, selisih dua menit, striker David da Silva berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol tercipta lewat kerja sama apik dengan Mahmoud Eid.

Setelah menyamakan kedudukan, Persebaya tetap bermain di bawah tekanan karena Sabah FA masih mendominasi serangan. Tuan rumah sampai kewalahan menahan serangan lawan.

Dalam situasi tertekan, Persebaya justru berhasil mencuri gol. Lagi-lagi David da Silva yang menjadikan tim berbalik unggul di menit 40. Gol penyerang asal Brasil ini tercipta setelah menyelesaikan umpan ciamik dari Irfan Jaya. Skor 2-1 untuk keunggulan Persebaya menutup jalannya babak pertama.

Masuk babak kedua, baik Persebaya dan Sabah FA melakukan pergantian pemain secara besar-besaran. Hampir separuh pemain diganti untuk menjajal kekuatan tim.

Hanya pergantian pemain tak memberi hasil apa pun bagi kedua tim. Tidak ada gol sampai akhirnya Irfan memecah kebuntuan di injury time. Gol yang tercipta di menit 90+3 mengantarkan Persebaya menang 3-1.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan kemenangan ini tetap menjadi pekerjaan rumah bagi dia. Meski meraih kemenangan, tapi pelatih merasa belum puas denga performa tim.

"Semua pemain sudah menunjukkan kemampuannya. Jadi, saya tahu kemampuan tim sebelum dimulainya kompetisi. Saya masih memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah ini," ucap Aji.

Sementara, pelatih Sabah FA, Kurniawan Dwi Yulianto mengaku tak kecewa dengan hasil pertandingan tersebut. Dirinya lebih fokus pada performa tim. Menurut mantan striker tim nasional ini kekalahan dari Persebaya menjadi pembelajaran bagi timnya sebelum mengarungi kompetisi di Malaysia.

"Kami mendapatkan banyak pelajaran di pertandingan ini. Apalagi kami mendapatkan kesempatan besar bisa melakukan uji coba dengan tim sebesar Persebaya," kata Kurniawan. 

Menurut eks pemain Persebaya ini tim akan melanjutkan latih tanding dengan mengikuti turnamen Piala Gubernur Jatim. Sabah FC menjadi satu-satunya dari luar Indonesia yang diundang mengikuti turnamen tersebut. 

Demikian pula Persebaya yang akan berlaga di Piala Gubernur. Di laga perdana, Persebaya menghadapi juara Liga 2, Persik Kediri, Senin 10 Februari 2020. []

Berita terkait
Persebaya Surabaya Sudah Siap Jalani Liga 1 2020
Skuat Persebaya Surabaya sudah komplet dan siap mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Tim juga akan mengikuti turnamen pramusim.
Resmi Gabung Persebaya, Konate Target Juara Liga 1
Makan Konate mengaku memilih bergabung dengan Persebaya Surabaya ingin meraih juara dan juga terkesan dengan fanatisme Bonek Mania.
Kiper Tira Persikabo ke Persebaya, Abduh Menyusul
Kiper PS Tira Persikabo, Angga Saputra bergabung dengan Persebaya. Setelah Angga, pemain PS Tira lainnya, Abduh Lestaluhu juga akan bergabung.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).