Perjalanan Jurgen Klopp Hingga Menjadi Pelatih Terbaik Dunia

Jurgen Klopp seorang pelatih kebangsaan Jerman yang berhasil membawa Liverpool ke dalam kejayaan di Liga Inggris
Jurgen Klopp (Sumber: Liverpool.com)

Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Jurgen Klopp, pelatih yang telah membawa kemenangan pertama Liverpool di Premier League Inggris setelah 30 tahun. Jurgen Klopp merupakan pemain dan pelatih sepak bola berkebangsaan Jerman yang saat ini menjabat menjadi pelatih kepala Liverpool. Yuk, disimak perjalanan hidup seorang Jurgen Klopp dari muda hingga menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia.

Jurgen Norbert Klopp lahir pada 16 Juni 1967 di Stuggart, Jerman. Satu-satunya anak lelaki dari pasangan Nobbert Klopp dan Elisabeth Klopp. Sang Ayah merupakan pesepakbola amatir kemudian, Ibunya adalah seorang saleswomen. Jurgen tumbuh dan berkembang di keluarga sederhana bersama kedua kakak perempuannya (Isolde Reich dan Stefanie Klopp) dan orang tuanya di desa Glatten, Hutan Hitam, Jerman.

Bakat Jurgen dalam sepak bola sudah terlihat sedari kecil, Ia mendapat banyak pengaruh dari Ayahnya dalam bermain sepak bola. Impian Jurgen dimulai ketika bergabung tim komunitas Jerman setempat Ergenzingen pada usia 16 tahun. Bakat dalam olahraga dan pemain sepak bola tentu sangatlah bagus, tetapi untuk menjadi professional membutuhkan banyak kerja keras.

klopp di liverpoolJurgen Klopp bersama seluruh tim Liverpool (Sumber: twitter.com/LFC)

1. Karir Professional Jurgen Klopp

Mainz O5 adalah klub sepak bola di Jerman berbasis di kota Mainz di mana Jurgen pada 1990 bergabung dengan klub tersebut. Posisi awalnya Jurgen adalah seorang stiker (penyerang), kemudian beralih menjadi bek kanan di tahun 1995. Dan pada 2001 Klopp memutuskan pensiun dari Mainz 05. Selama perjalanan Jurgen di Mainz 05, ia telah menyumbangkan 56 gol dari 340 penampilannya bersama klub tersebut. Kemudian, Jurgen Klopp ditunjuk sebagai manajer Mainz 05 menggantikan Eckhard Krautzun. Mulai dari sinilah kariernya sebagai pelatih dimulai.

2. Karir Pelatih

Jurgen Klopp sudah memulai karier pelatih di tahun 1998 di mana ia merangkap tugas sebagai pelatih muda Frankfurt. Setelah tiga tahun menjabat Ia berhasil membuat perubahan dalam klub yang diasuhnya dengan membawa tim promosi ke Bundesliga untuk pertama kali dalam sejarah. Di bawah arahan Jurgen Klopp, Mainz 05 berhasil menghabiskan tiga tahun di Bundesliga divisi teratas Jerman. 

Namun, di tahun 2007 Mainz 05 mengalami degrasi dan bermain di kompetisi kasta kedua liga Jerman. Dan akhirnya pada 2008 Klopp memutuskan untuk mundur dari Mainz 05, dalam arahannya Mainz 05 berhasil membawa 109 kemenangan.

klopp pemainJurgen Klopp saat masih menjadi pemain dari Mainz 05 (Sumber: twitter.com/OldFootball11)

Tidak selesai di situ, pada 2008 Jurgen Klopp terpilih menjadi seorang pelatih Borussia Dortmund. Saat Klopp masuk ke dalam klub, situasi sedang sulit dan terancam bangkrut karena klub berakhir di posisi ke-13 pada musim terakhir. Disinilah Klopp kembali menunjukkan kompetensinya sebagai seorang pelatih dengan membawa Borussia Dourtmund kepada kemenangan di musim pertamanya.

Borussia Dourtmound makin bertumbuh dan mencetak sejarah dalam arahan Klopp dengan kemenangan berganda yaitu, memenangkan dua musim Bundesliga pada 2010 dan 2011, dan menjuarai piala DFB Pokal pada 2012. Dengan capaian yang luar biasa ini Jurgen Klopp berhasil menyabet gelar sebagai pelatih terbaik 2011 dan 2012. Setelah tujuh tahun menjabat, Klopp memutuskan untuk meninggalkan Borussia Dourtman pada 2015. Klub ini mencatat 179 kemenangan selama diarah oleh Jurgen Klopp.

Sekali lagi pada 2015, Jurgen Klopp terpilih sebagai pelatih untuk Liverpool pada 2015. Klopp dipercaya dapat mengangkat kembali masa kejayaan The Reds dan semenjak itu gelar demi gelar berhasil diraih Liverpool Liga Champion 2018-2019, Liga Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Antar Klub 2019, serta Premier League 2019-2020 yang telah menjadi penantian klub Liverpool selama 30 tahun.

Karena peforma Liverpool yang baik Jurgen Klopp meraih penghargaan penghargaan perlatih terbaik Dunia 2019, dan sekali lagi pada 2020 Jurgen Klopp berhasil meraih pernghargaan yang sama sebagai pelatih Terbaik Dunia 2020.

klopp dan istrinyaJurgen Klopp dan istrinya Ulla Sandrock (Sumber: tribuna.com

3. Perjalanan Cinta Jurgen Kloop

Sebelum bertemu dan menikah dengan istrinya, Ulla Sandrock. Jurgen Klopp sempat menikah dengan Sabine dan dikarunia seorang putra bernama Marc Klopp. Namun, pernikahan mereka harus kandas setelah Klopp pensiun menjadi seorang pemain sepak bola pada tahun 2001. Setelah itu, Jurgen Klopp menjungi Oktoberfest 2005, dan bertemu pelayan Ulla Sandrock. Ia langsung jatuh hati dan memutuskan untuk tinggal bersama. Kemudian, pada 2005 Jurgen Klopp resmi menikahi Ulla Sandrock.

Perjalanan kisah hidup yang menganggumkan dan penuh inspirasi dari Jurgen Klopp, Ia membuktikan bahwa umur bukanlah Batasan untuk menjadi bersinar (dari berbagai sumber). []

- Joevita Aurora

Pujian Jurgen Kloop untuk Penampilan Mohamed Salah

Jurgen Klopp Sebut Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatasi Kebebasan

Jurgen Klopp Tidak Ragukan Loyalitas Pemain Kepada Liverpool

Jurgen Klopp The Normal One Penggawa Liverpool

Berita terkait
Jurgen Klopp Sebut Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatasi Kebebasan
Ada kekhawatiran tentang tingkat vaksinasi di Liga Premier kurang dari setengah pemain yang sudah divaksinsi Covid-19
0
Perjalanan Jurgen Klopp Hingga Menjadi Pelatih Terbaik Dunia
Jurgen Klopp seorang pelatih kebangsaan Jerman yang berhasil membawa Liverpool ke dalam kejayaan di Liga Inggris