Jurgen Klopp Sebut Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatasi Kebebasan

Ada kekhawatiran tentang tingkat vaksinasi di Liga Premier kurang dari setengah pemain yang sudah divaksinsi Covid-19
Juergen Klopp (Foto: dw.com/id)

London - Manajer Liverpool, klub sepak bola papan atas Liga Primer Inggris, Jurgen Klopp, mengatakan dia tidak mengerti mengapa beberapa orang menolak vaksin virus corona (Covid-19). Ada kekhawatiran tentang tingkat vaksinasi di Liga Premier dengan kurang dari setengah pemain yang sudah divaksinsi Covid-19 di sebagian besar klub.

Klopp mengatakan "99%" pemainnya telah divaksinasi dan dia tidak harus meyakinkan siapa pun untuk melakukannya. Orang Jerman mengatakan dia ditusuk untuk melindungi tidak hanya dirinya sendiri tetapi "semua orang di sekitar saya".

"Saya tidak mengerti mengapa itu adalah pembatasan kebebasan," kata Klopp. "Karena jika ya, maka tidak diperbolehkan minum dan mengemudi adalah pembatasan kebebasan juga - tetapi kami menerimanya.”

Klopp mengatakan, "Saya mendapat vaksinasi karena saya khawatir tentang diri saya sendiri tetapi terlebih lagi untuk semua orang di sekitar saya.”

"Jika saya mendapatkannya dan menderita - salah saya. Jika saya mendapatkannya dan menyebarkannya ke orang lain - salah saya dan bukan kesalahan mereka."

vaksin covidIlustrasi: Vaksin Covid-19 (Sumber: setkab.go.id)

Minggu ini terungkap bahwa Liga Premier sedang mempertimbangkan apakah akan "menghadiahi" klub yang tingkat vaksinasi virus coronanya tinggi.

Dalam email ke klub papan atas pekan lalu, Liga Premier mengatakan: "Hanya tujuh tim klub yang lebih dari 50% divaksinasi penuh, jadi kami punya cara untuk pergi."

Pada hari Jumat, 1 Oktober 2021, diumumkan bahwa pemain Liga Premier akan diizinkan untuk melakukan perjalanan ke negara-negara daftar merah untuk mewakili negara mereka di kualifikasi Piala Dunia bulan ini - tetapi hanya jika mereka sudah divaksinasi sepenuhnya.

“Saya pikir kami dapat mengatakan bahwa kami telah divaksinasi 99%,” tambah Klopp. "Saya tidak harus meyakinkan para pemain, itu lebih merupakan keputusan alami dari tim.

"Saya tidak ingat benar-benar berbicara dengan seorang pemain dan meyakinkannya mengapa dia harus melakukannya karena saya bukan seorang dokter.”

"Apa yang akan saya berikan, seperti dalam banyak situasi lain, akan menjadi saran saya - tetapi itu tidak perlu." (bbc.com/sport). []

Saksikan Euro 2020 di Wembley dengan Sertifikat Vaksinasi

Inggris Upayakan Turis Dengan Vaksinasi Covid-19 Tanpa Karantina

Final Sepak Bola Piala FA Inggris di Wembley Ada Suporter

Vaksinasi di Korea Selatan Terhambat Aksi Protes Para Dokter

Berita terkait
Semua Orang Dewasa di Inggris Didorong Vaksinasi Covid-19
Badan layanan kesehatan di Inggris akan memberi kesempatan kepada setiap warganya yang berusia di atas 18 tahun untuk divaksinasi vaksin Covid-19
0
Jurgen Klopp Sebut Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatasi Kebebasan
Ada kekhawatiran tentang tingkat vaksinasi di Liga Premier kurang dari setengah pemain yang sudah divaksinsi Covid-19