Perilaku yang Mendorong Terjadinya Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Beberapa perilaku dan faktor dapat berkontribusi pada risiko terjadinya penyakit ginjal. Berikut beberapa perilaku yang berpengaruh.
Perilaku yang Mendorong Terjadinya Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya. (Foto: Tagar/ Freepik)

TAGAR.id, JakartaBeberapa perilaku dan faktor dapat berkontribusi pada risiko terjadinya penyakit ginjal. Berikut adalah beberapa perilaku yang mungkin mempengaruhi kesehatan ginjal dan cara mencegahnya:

1.Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor risiko utama untuk penyakit ginjal. Anda harus memantau tekanan darah secara teratur dan bekerja sama dengan dokter untuk menjaga tekanan darah dalam rentang normal. Ini bisa melibatkan perubahan gaya hidup, seperti diet rendah garam, olahraga, dan obat-obatan.

2.Pengelolaan Diabetes

Diabetes adalah faktor risiko lainnya. Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk mengendalikan kadar gula darah secara ketat dengan mengikuti rekomendasi dokter dan diet yang tepat.

3.Konsumsi Air yang Cukup

Minum air dalam jumlah yang cukup membantu menghilangkan toksin dari tubuh dan mendukung fungsi ginjal yang sehat.

4.Pengendalian Berat Badan

Obesitas dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko diabetes, yang dapat berkontribusi pada penyakit ginjal. Menjaga berat badan sehat adalah langkah penting dalam mencegah penyakit ginjal.

5.Pengurangan Konsumsi Garam

Konsumsi garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi asupan garam Anda dengan menghindari makanan yang mengandung garam berlebihan.

6.Penghindaran Racun Ginjal

Hindari konsumsi alkohol berlebihan dan jangan menggunakan obat-obatan dan zat berbahaya yang dapat merusak ginjal, seperti narkoba.

7.Pengendalian Asupan Protein

Diet yang tinggi protein, terutama protein hewani, dapat memberikan beban ekstra pada ginjal. Jika Anda memiliki penyakit ginjal atau risiko tinggi, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter mengenai jumlah protein yang tepat untuk dikonsumsi.

8.Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

9.Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur membantu menjaga berat badan yang sehat dan mempromosikan sirkulasi darah yang baik. Ini juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah.

10.Hindari Obat-obatan Nefrotoksik

Beberapa obat, termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan beberapa antibiotik, dapat merusak ginjal. Pastikan Anda hanya mengonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter.

11.Pemeriksaan Rutin

Selalu ikuti jadwal pemeriksaan kesehatan rutin dan periksakan ginjal Anda jika ada riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

12.Makanan Sehat

Diet yang seimbang dengan makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan sumber protein yang sehat seperti ikan dan kacang-kacangan dapat mendukung kesehatan ginjal.

13.Hindari Infeksi Ginjal

Waspadai infeksi saluran kemih (ISK) dan segera obati jika Anda mengalaminya, karena infeksi yang tidak diobati dapat merusak ginjal.

14.Pengurangan Stres

Stres kronis dapat memengaruhi kesehatan secara umum, termasuk kesehatan ginjal. Temukan cara-cara untuk mengelola stres dalam hidup Anda.

Penting untuk diingat bahwa mencegah penyakit ginjal melibatkan perubahan gaya hidup yang sehat dan perhatian pada faktor risiko. 

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan ginjal Anda atau ingin mendiskusikan rencana pencegahan yang lebih khusus. []

Berita terkait
Usia yang Rentan Terserang Penyakit Stroke dan Cara Mencegahnya
Pencegahan adalah kunci, tetapi pengenalan dini dan perawatan yang cepat untuk penderita penyakit stroke juga sangat penting. Ketahui segalanya.
Empat Fakta Penyakit Meningitis
Berdasarkan data yang dirilis Pusat Informasi Bioteknikal Nasional Amerika Serikat, ada sekitar 8,7 juta orang mengidap meningitis pada 2015.
Tanda-tanda Terkena Penyakit Pneumonia
Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru-paru yang disebabkan oleh virus dan bakteri.
0
Perilaku yang Mendorong Terjadinya Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya
Beberapa perilaku dan faktor dapat berkontribusi pada risiko terjadinya penyakit ginjal. Berikut beberapa perilaku yang berpengaruh.