UNTUK INDONESIA
Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan di Jari
Kebanyakan orang tentu pernah mengalami cantengan di jarinya. Berikut ini penyebab dan cara mengobati cantengan.
Ilustrasi Cantengan. (Foto: eatonhand.com)

Jakarta - Kebanyakan orang tentu pernah mengalami cantengan di jarinya. Kondisi ini biasanya muncul akibat infeksi bakteri atau jamur yang berkembang di sekitar kuku tangan dan kaki.

Dokter umum dr. Daniel Bramantyo mengatakan ada banyak faktor yang bisa menyebabkan cantengan di jari. "Misalnya kayak gak sengaja kakinya trauma nendang sesuatu atau terjatuh, tertimpa barang yang cukup berat, lalu juga pemakaian alas kaki, kaus kaki atau sepatu yang cukup ketat, cukup mendesak di jari-jari kaki itu juga bisa bikin cantengan" kata dia melalui channel YouTube Gue Sehat seperti dikutip Tagar, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Meski cantengan biasanya terjadi di jari-jari kaki khususnya ibu jari atau jempol, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa juga terjadi di jari tangan. "Di jari-jari lain itu sebenarnya bisa terjadi cantengan juga, kalau misalnya kita mungkin ada bentuk kukunya yang aneh, jadi kukunya terlalu melengkung ke dalam, jadi ketika tumbuh akan menusuk ke arah daging-daging yang ada di sisi-sisi kuku tersebut," ucap dr. Daniel.

Dokter Daniel menuturkan ibu jari atau jempol kaki lebih berisiko tinggi terkena cantengan. Sebab, ibu jari menjadi yang paling besar di antara jari-jari lainnya dan space yang dimilikinya lebih luas, sehingga mudah terjadi cantengan.

Selain itu, cantengan nyatanya bisa membuat penderitanya mengalami demam. "Tentu bisa, jadi kalau misalnya cantengannya sudah berlanjut ada komplikasi, sehingga menjadi infeksi hingga timbul nanah otomatis tubuh akan merespons dengan demam, nah itu ketika cantengannya tidak ditangani dengan baik," ujar dia.

Namun, demam bisa dicegah bila cantengan mendapatkan penanganan yang benar dan tepat. Sehingga, perlu kewaspadaan lebih saat ingin mengatasi cantengan dengan tindakan-tindakan higienis.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengobati cantengan yaitu, rajin membersihkan kaki, lalu rendam di air hangat sekitar 15 hingga 20 menit dan ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali sehari. 

"Lalu, juga boleh meminum anti nyeri untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Gunakan alas kaki yang nyaman dan terbuka, jangan menggunakan alas kaki sandal atau sepatu yang sangat ketat ditakutkan nanti bisa cenderung membuat cantengan lebih buruk lagi. Kurangi mobilisasi, jika keadaan semakin memburuk segeralah temui tenaga medis atau dokter terdekat," tutur dr. Daniel.

Terkhusus penderita diabetes, diperlukan penanganan yang lebih ekstra lagi dan disarankan langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sebab, gula yang ada di dalam darah membuat proses penyembuhan cantengan atau luka lain yang dialami penderita diabetes lebih lambat. []

Baca Juga:

Berita terkait
Gejala dan Bahaya TBC pada Anak yang Harus Diketahui
Tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menghantui banyak orang salah satunya anak-anak. Berikut gejala penyakit tersebut.
Mengenal Cara Baru Atasi Batu Tanduk Rusa di Ginjal
Kini mengatasi batu tanduk rusa di ginjal bisa dengan teknik baru tanpa menggunakan x-ray guna meminimalisir paparan radiasi terhadap pasien.
Waspadai Penyebab Pusing Mendadak Saat Ingin Berdiri
Sebagian orang sering merasakan sakit kepala atau pusing saat beranjak berdiri dari duduk atau berbaring. Berikut penyebab penyakit ini terjadi.
0
Jenazah Adik Bungsu Gus Dur Dimakamkan di Jombang
Cucu pendiri NU, KH Hasyim Wahid tutup usia di RS Mayapada akibat komplikasi ginjal. Jenazah adik bungsu Gus Dur akan dimakamkan di Jombang.