UNTUK INDONESIA
Pemprov Jatim Komitmen Permudah Pembayaran Pajak Motor
Pemprov Jawa Timur menjalin kerja sama dengan pihak ketiga dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk memudahkan wajb pajak.
Gubernur Khofifah Indar Parawansa ketika menghadiri perayaan HUT Bapenda ke-54 (adi Suprayitno)

Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), antara lain menjalin kerja sama dengan pihak ketiga seperti Alfamart. Kepala Badan Perencanaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Jawa Timur, Budi Setiawan mengatakan kini wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan bermotor di Alfamart, Link Aja, BTN, dan Ovo. "Kami terus berkomitmen untuk mendekatkan diri ke masyarakat agar tidak ribet dan lebih happy membayar pajak," katanya usai upacara HUT Bapenda ke-54 di kantor Bapenda Jawa Timur, Senin, 7 Oktober 2019.

Budi mengatakan sejak program pemutihan denda pajak dan bea baik nama kendaraan bermotor, jumlah pembayaran PKB semakin meningkat. Posisi terakhir penerimaan daerah dari PKB mencapai Rp 20,7 miliar. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp 19 miliar dari provinsi dan sisanya Rp 1,7 miliar dari wajib pajak yang berada di luar Jawa Timur.

Budi menambahkan, pihaknya akan terus mengejar penerimaan pajak motor yang berasal dari luar provinsi. Hal itu sudah dilakukan sejak tahun lalu dengan menggandeng Indomaret. Menurutnya, sekitar 40.120 wajib pajak membayar melalui Indomaret.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa berharap Bappenda terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pemasukan PKB. Hal itu mengingat inovasi layanan adalah sebuah kewajiban dengan didukung up date teknologi. "Inovasi dilakukan agar lebih memudahkan pelayanan kepada masyarkat. Bapenda sudah bekerja sama dengan Indomaret dan juga mempunyai layanan Samsat Keliling (Samling)," katanya.

Khofifah berharap peningkatan pelayanan Bappenda juga bisa menjangkau wajib pajak yang berada di luar Jawa, seperti Kalimantan dan Sumatera. "Inovasi, percepatan layanan, dan cakupan jangkauan ini merupakan hal penting," katanya.

Berita terkait
Hingga 15 Desember, Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor
Hingga 15 Desember 2018 Samsat DKI Jakarta sedang melakukan pemutihan pajak kendaraan roda dua, roda empat atau lebih.
PKS Janji Hapus Pajak Motor, Pengamat: Pasti Pencitraan Biar Dikira Berpihak Rakyat
Hapus pajak motor adalah wacana utopis, sedangkan kebijakan SIM seumur hidup cukup rasional untuk diseriusi.
Pemprov Proyeksikan Pajak Kendaraan Bermotor Capai Delapan Triliun
"Biaya balik nama kendaraan bermotor 5,7 triliun. Alhamdulillah per saat ini, per 26 Maret 2018, kami sudah berhasil mendapatkan 22,8 persen dari semua target,"
0
Misi Kemenangan Ketiga PSM Lawan Persita Tangerang
PSM Makassar optimistis menang saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020, Jumat, 6 Maret 2020.