UNTUK INDONESIA
Pemkab Bantaeng Sosialisasi Tandatangan Digital
Pemerintah kabupaten Bantaeng melakukan sosialisasi rencana penerapan tandatangan digital
Suasana sosialisasi rencana penerapan tandatangan digital. (foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Pemerintah kabupaten Bantaeng melakukan sosialisasi rencana penerapan tandatangan digital untuk instansi pemerintah.

Hal tersebut terkait dengan kerja sama antara Pemkab Bantaeng dengan Balai Sertifikat Elektronik dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sosialisasi berlangsung di ruang pola kantor Bupati Bantaeng, Selasa, 20 Agustus 2019. Sejumlah perwakilan OPD hadir dalam sosialisasi itu.

Kepala Bidang Persandian, Dinas Kominfo Bantaeng, Irianto mengatakan, sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat membuat tandatangan digital dan identitas yang menunjukkan subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik.

Rencana penerapan tandatangan digital ini akan mempermudah dan mempercepat proses administrasi perkantoran.

Kehadiran BSSN adalah bagian dari mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Perkembangan zaman menuntut terciptanya percepatan pelayanan kepada masyarakat melalui teknologi.

Hal ini diucapkan oleh Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Sulsel, Yulianus Sonda.

"Kalau tidak didukung dengan cyber security, maka hasilnya tidak pernah baik," tambahnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bantaeng, Syahrul Bayan mengatakan, rencana untuk menerapkan sistem tandatangan digital ini akan segera ditindak lanjuti. Rencana ini adalah bagian dari program digital melayani dari Pemkab Bantaeng. []

Baca juga:

Berita terkait
Semarak Malam Penutupan Bantaeng Festival Day 2019
Bantaeng Festival Day ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata, H. Subhan, mewakili Bupati Bantaeng yang tidak sempat hadir.
84 Warga Binaan Rutan Bantaeng Dapat Remisi
Lapas kelas IIB Bantaeng memberi remisi umum bagi 84 narapidana di hari ulang tahun RI ke-74.
Bendera Raksasa Sepanjang 74 Meter di Bantaeng
Ratusan orang mengarak sebuah Bendera raksasa yang memiliki panjang 74 meter, berjalan kaki dari pelosok desa Bonto Lojong menuju pantai Seruni.
0
Sekjen NasDem: Soal Kabinet, Itu Kewenangan Presiden
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh tidak membicarakan soal koalisi, opsisi dan jatah menteri karena merupakan kewenangan presiden