UNTUK INDONESIA
Pembunuh Veronika di Manggarai NTT Masih Kerabat
Miris. Pembunuh Veronika Alus, warga Manggarai, NTT masih saudara dekatnya sendiri. Malah selama ini korban dan ibunya memberi makan ke pelaku.
Lokasi pembunuhan Veronika Alus, warga Manggarai, NTT. Pelaku pembunuhan masih kerabat korban. (Foto: Tagar/Yos Syukur)

Manggarai - Kasus pembunuhan Veronika Alus 27, warga Kampung Lagur, Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyisakan cerita miris. Pria yang diduga membunuhnya, Yohanes Mahe 25 tahun ternyata masih kerabat dekat. 

"Korban dan pelaku merupakan kerabat dekat dan bertetangga. Jarak rumah keduanya hanya 20 meter," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Polres Manggarai, Ipda Daniel Djihu kepada Tagar, Sabtu 9 November 2019. 

Warga Desa Bulan bernama Eduardus Senudin tidak menyangka jika pelaku pembunuhan Veronika Alus adalah Yohanes Mahe. "Awalnya kami tidak percaya jika pembunuh Veronika adalah Yohanes Mahe karena keduanya kerabat dekat," ujar dia lewat telepon seluler.  

Ibu korban merupakan saudari perempuan kandung dari ayah pelaku, jadi pelaku memanggil korban sebagai saudari perempuan.

Kepala Desa Bulan periode 2014-2019 ini juga mengungkapkan hubungan sosial Yohanes dan Veronika berjalan baik, wajar seperti warga lain. Bahkan antara pelaku dan korban masih ada hubungan darah. 

"Ibu korban merupakan saudari perempuan kandung dari ayah pelaku, jadi pelaku memanggil korban sebagai saudari perempuan. Selama ini hubungan di masyarakat juga baik-baik saja," ujar dia. 

Tak hanya itu, selama ini keperluan hidup dari Yohanes Mahe ditopang oleh keluarga Veronika Alus. "Yang melayani makan untuk pelaku adalah korban dan ibunya," tutur Senudin. Karena itu, ia dan para tetangga, benar-benar kaget ketika mengetahui pembunuh Veronika Alus adalah pria yang juga sepupunya sendiri.

"Kami percaya jika pelakunya Yohanes Mahe setelah ada pernyataan resmi dari pihak Polres Manggarai," ucapnya.

Senudin berharap pembunuhan itu adalah kasus terakhir kali. "Tidak terulang lagi," kata dia. Ia dan warga Desa Bulan lain juga mendoakan Veronika Alus beristirahat dalam damai. Selain itu, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi peristiwa tersebut. []

Baca juga:



Berita terkait
Keluarga Korban Pembunuhan di Jeneponto Balas Dendam
Puluhan massa keluarga korban pembunuhan di Kabupaten Jeneponto balas dendam atas kematian keluarganya dengan membongkar paksa rumah pelaku .
Wartawan Labuhanbatu Tewas oleh Pembunuh Bayaran
Polda Sumatera Utara mengungkap motif pembunuhan dua orang yang disebut sebagai wartawan di Kabupaten Labuhanbatu.
Hajatan Maut di Makassar, Korban Mendapat 11 Tusukkan
Korban meninggal dunia saat hajatan pernikahan di kota Makassar meninggal dunia karena mendapat 11 tusukan di tubuhnya.
0
Sketsa Wajah Pelaku Penyiraman Air Keras
Polda Metro Jaya telah menyebar sketsa wajah seorang pria yang diduga sebagai pelaku penyiraman cairan kimia terhadap dua pelajar SMPN 229 Jakarta.