UNTUK INDONESIA
Pembagian Masker dan Face Shield Serba 5.000 di Malioboro
Bagi-bagi gratis masker dan pelindung wajah bagi warga dan wisatawan di Malioboro Yogyakarta. Jumlah yang dibagikan masing-masing 5.000 pcs.
Anggota Polresta Yogyakarta membagikan masker dan pelindung wajah di Malioboro, Minggu, 18 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Rahmat Jiwandono)

Yogyakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membagikan pelindung wajah atau face shield dan masker secara gratis kepada pedagang hingga wisatawan di Malioboro pada Minggu, 18 Oktober 2020. Pemkot Yogyakarta terus mengkampanyekan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

Jumlah masker yang dibagikan di Malioboro sebanyak 5.000 masker. Sedangkan untuk pelindung wajah ada 5.000 face shield. Malioboro dipilih karena merupakan ikon Yogyakarta.

Baca Juga:

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, ingin meningkatkan kualitas protokol kesehatan. "Maka di sini dilakukan kegiatan seperti ini untuk melindungi pengunjung atau pedagang," tuturnya, Minggu, 18 Oktober 2020.

Meski di Malioboro sudah mewajibkan pengunjung untuk pakai masker. Namun hal itu tidak cukup. "Pakai masker kan sudah hal yang wajib, maka perlu perlindungan lebih. Salah satunya menggunakan pelindung wajah," jelasnya.

Maka di sini dilakukan kegiatan seperti ini untuk melindungi pengunjung atau pedagang.

Menurutnya, agar protokol kesehatan benar-benar diterapkan butuh partisipasi dari masyarakat. Terlebih kawasan Malioboro yang selalu ramai dikunjungi orang. "Silakan datang ke Malioboro tapi jangan lupa memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak," katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyatakan, protokol kesehatan harus selalu dilakukan. Sehingga pelaku ekonomi di Yogyakarta bisa terlindungi. "Kami berinisiatif bersama TNI, KAI, dan Pemkot Yogyakarta untuk memutus rantai penyebaran corona," katanya.

Tujuan utama dari pembagian pelindung wajah supaya orang yang berkunjung ke Yogyakarta yakin karena di Malioboro menerapkan protokol kesehatan. "Yogyakarta termasuk Kota Pariwisata jadi ini bagian dari upaya membangkitkan ekonomi," imbuh dia. []

Berita terkait
Tak Bermasker, 3 Orang Pilih Bayar Rp 100 Ribu di Yogyakarta
Ada 86 orang terkena operasi yustisi di Kota Yogyakarta. Tiga orang memilih bayar denda Rp 100 ribu dari pada push up atau menyapu. Ini alasannya.
Sasaran Patroli Gumaton di Sumbu Filosofi Yogyakarta
Tim gabungan gencar menggelar operasi di Sumbu Filosofi Yogyakarta, dari Tugu-Malioboro-Keraton. Berikut ini adalah sasarannya.
Denda Rp 100.000 di Sumbu Filosofi Yogyakarta
Pemkot memberlakukan aturan tegas. Pelanggar protokol kesehata di sumbu filosofi Yogyakarta dikenai denda Rp 100.000.
0
Kecamatan Bojongsari, Lumbung Suara Pradi-Afifah
Kecamatan Bojongsari adalah salah satu daerah yang akan menjadi lumbung suara pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok Pradi-Afifah