UNTUK INDONESIA
Peluang Yusuf-Gus Riza Diusung PKB di Banyuwangi
DPC PKB Banyuwangi telah mengirimkan nama Yusuf Widyatmoko-Gus Riza ke DPP PKB untuk diusung di Pilkada Banyuwangi.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan rekomendasi usungan kepada pasangan Yusuf Widyanto-KH Muhammad Riza Aziziy untuk Pilkada Banyuwangi. (Foto: Istimewa/Tagar/Hermawan)

Banyuwangi - Dukungan terhadap Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi 2020 kemungkinan akan bertambah. Itu setelah Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi mengajukan permohonan paket yang sama ke Dewan Pimpinan Pusat PKB.

Ketua DPC PKB HM Joni Subagio dan Sekretaris HM Ali Mahrus membubuhkan tanda tangan dalam surat permohonan tertanggal 20 Agustus 2020 tersebut. Ali Mahrus pun membenarkan munculnya surat itu.

Kita melaksanakan perintah partai, karena domain rekomendasi cabup - cawabup ada di kewenangan DPP PKB

"Surat itu benar dan sudah dikirim ke DPP PKB," ujarnya kepada Tagar, Sabtu, 22 Agustus.2020

Kini, DPC PKB masih menunggu keputusan DPP PKB. Pasangan yang diusulkan akan dipanggil di tingkat DPW PKB di Surabaya. Nama Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy dipilih DPC PKB setelah KH Ahmad Munib Safaat melalui rapat internal partai.

Baca juga:

"Kita melaksanakan perintah partai, karena domain rekomendasi cabup - cawabup ada di kewenangan DPP PKB," tambah Ali Mahrus

Setelah beredar surat permohonan rekomendasi PKB, peluang Partai Demokrat untuk mengegolkan nama Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy dalam Pilbup 2020 mendatang kian kuat. 

Apabila positif mendapat tambahan dukungan dari PKB yang memiliki 9 kursi di DPRD, Partai Demokrat bersama PKB dipastikan menantang koalisi PDIP dan NasDem yang telah resmi mengusung Ipuk Fiestiandani - H Sugirah.

Kini tinggal Golkar, Gerindra, PKS dan PPP yang belum menentukan sikap politiknya. Gerindra, menurut H Sumail Abdullah, akan menentukan arah mendekati masa pendaftaran calon pada 4-6 September 2020.

"Beberapa calon sudah membuka komunikasi. Tapi arah politik Gerindra dalam Pilkada Banyuwangi akan kita tentukan sekitar awal September," ucap Sumail.[]

Berita terkait
Langkah Dinkes Banyuwangi Usai 77 Santri Positif C19
Dinkes Banyuwangi melakukan uji swab secara langsung di Ponpes Darussalam untuk mencegah penularan Covid-19 usai 77 santri positif.
Kronologi 77 Santri di Banyuwangi Terinfeksi C-19
Dinas Kesehatan Banyuwangi langsung melakukan isolasi terhadap 77 santri terinfeksi Covid-19 di salah satu ruangan di ponpes.
KA Rute Banyuwangi-Surabaya Kembali Beroperasi
PT KAI Daop 9 Jember kembali mengoperasikan Kereta Api Mutiara Timur rute Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya.
0
Peluang Yusuf-Gus Riza Diusung PKB di Banyuwangi
DPC PKB Banyuwangi telah mengirimkan nama Yusuf Widyatmoko-Gus Riza ke DPP PKB untuk diusung di Pilkada Banyuwangi.