UNTUK INDONESIA
Langkah Dinkes Banyuwangi Usai 77 Santri Positif C19
Dinkes Banyuwangi melakukan uji swab secara langsung di Ponpes Darussalam untuk mencegah penularan Covid-19 usai 77 santri positif.
Dinkes Kesehatan melakukan uji swab di Ponpes Darussalam usai 77 santri terkonfirmasi terinfeksi Covid-19. (Foto: Tagar/Hermawan)

Banyuwangi – Dinas Kesehatan Banyuwangi terus melakukan penanganan cepat terhadap munculnya kasus konfirmasi positif pada 77 santri Pondok Pesantren Darussalam. Langkah berupa pemeriksaan kesehatan, tracing atau penelusuran, uji swab dan penyemprotan disinfektan.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan pihaknya terus melakukan tracing kepada para santri. Sejumlah pihak yang masuk dalam kontak langsung terhadap 77 santri tersebut langsung diperiksa kesehatan.

Fokus kami bukan lagi pada rapid test, tapi santri yang ada gejala Covid-19 langsung kita ambil swab.

”Mereka yang bergejala ataupun kontak erat dari santri yang kemarin terkonfirmasi positif langsung ditangani petugas kesehatan. Kami lakukan uji swab di tempat, hari ini kami targetkan pengambilan 80 swab santri," kata Rio, sapaan akrab Widji Lestariono, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Pengambilan uji swab, kata Rio, dilakukan terutama pada santri memiliki gejala mengarah pada Covid-19. Swab dilakukan di lingkungan pondok untuk memudahkan langkah penanganan.

Baca juga:

"Fokus kami bukan lagi pada rapid test, tapi santri yang ada gejala Covid-19 langsung kita ambil swab. Ini dilakukan sebagai upaya keras dari kami untuk memutus penyebaran virus ini di kalangan santri sesuai instruksi Pak Bupati Azwar Anas yang terus memantau penanganan ini," kata Rio.

Seperti diketahui, sebanyak 77 santri di salah satu pondok pesantren di Banyuwangi terinfeksi Covid-19, setelah awalnya dideteksi oleh Puskesmas dan langsung dilakukan penanganan sesuai protokol kesehatan beberapa hari lalu.

Pemkab Banyuwangi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) dan PMI, lanjut Rio, juga menyemprotkan cairan desinfektan ke kompleks pesantren.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak ponpes untuk penanganan ini. Disinfeksi ini kita lakukan rutin di lingkungan pondok. Kami berharap penularan Covid-19 dapat dicegah," kata Rio.[]

Berita terkait
Demokrat Usung Yusuf-Gus Riza di Pilkada Banyuwangi
Partai Demokrat mencoba menghadang istri petahana untuk tidak melawan kotak kosong di Pilkada Banyuwangi. Pasangan Yusuf-Gus Riza koalisi partai.
KA Rute Banyuwangi-Surabaya Kembali Beroperasi
PT KAI Daop 9 Jember kembali mengoperasikan Kereta Api Mutiara Timur rute Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya.
1 Narapidana Bebas, Bupati Banyuwangi: Perbaiki Diri
Momen HUT ke-75 RI, 431 narapidana Lapas Banyuwangi mendapatkan remisi. Selain itu satu narapidana mendapatkan kebebasan dari remisi tersebut.
0
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.