UNTUK INDONESIA
Pelaksanaan UNBK di Sulsel Tak Terpengaruh Corona
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menegaskan tidak ada penundaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Sulsel.
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menegaskan tidak ada penundaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020 di Sulsel. Berkaitan dengan merebaknya isu virus corona, akan ada upaya peningkatan kebersihan diri peserta dan pengawas ujian.

“Sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan, pelaksanaan ujian nasional sekiranya tidak perlu ada penundaan dan tetap berjalan meski dilakukan secara ketat,” ujar Nurdin dalam keterangannya, Rabu, 18 Maret 2020.

Mantan bupati Kabupaten Bantaeng itu menambahkan, untuk peserta ujian nantinya yang harus menjadi perhatian khusus adalah suhu apalagi sampai saat ini di Sulsel belum ada kasus positif terkena corona.

Sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan, pelaksanaan ujian nasional sekiranya tidak perlu ada penundaan.

Surat Edaran Gubernur Sulsel Nomor 440/1972/B.um. UM 2020 tentang imbauan kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan terkait Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) juga mengimbau untuk pelaksana pendidikan untuk memindahkan setiap aktivitas belajar dari sekolah ke rumah bagi pelajar dari tingkat PAUD hingga universitas.

“Sudah dilakukan koordinasi, Dinas Pendidikan dan kepala sekolah di Sulse diminta untuk memastikan pelaksanaan belajar dari rumah secara efektif dan tidak bepergian atau beraktivitas keluar rumah,” jelas Nurdin.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Basri mengatakan proses pembelajaran dari rumah untuk tingkat SMK dan SMA akan dilakukan kecuali oleh kelas 3 SMAK yang tetap mengikuti pelaksanaan UNBK.

Untuk tingkat SMA dan SMK, Dinas Pendidikan Sulsel menetapkan bahwa pengalihan proses pembelajaran  dimulai per tanggal 18  Maret. Proses ini akan dilakukan selama dua minggu.

“Selama waktu tersebut, kepala sekolah bersama guru mata pelajaran didampingi orang tua akan memberikan tugas kepada siswa untuk diselesaikan di rumah masing-masing. Jadi bukan libur namanya tapi pembelajaran dari sekolah ke rumah," kata Basri.

Basri juga menyebut, setiap kepala sekolah atau guru mata pelajaran diminta untuk tidak memberikan tugas kelompok dan sebaiknya memberikan tugas individu. Karenanya, Ia melakukan pengecekan langsung terkait kegiatan belajar dari rumah ini. []

Berita terkait
Cegah Corona, SMK di Malang Sterilisasi Ruang UNBK
SMKN PGRI 3 Kota Malang menerapkan pembersihan peralatan UNBK dan siswa diwajibkan cuci tangan serta wudhu sebagai pencegahan pandemi virus corona.
Ada Corona, UNBK SMK Tetap Berjalan di Yogyakarta
UNBK SMK di Yogyakarta tetap berjalan meski ada isu Corona. UNBK SMK berlangsung 16-19 Maret 2020.
Antisipasi Corona, Banten Tunda UNBK dan UNKP
Pemerintah Provinsi Banten menunda pelaksanaan UNBK dan UNKP perihal antisipasi penyebaran virus Corona.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.