UNTUK INDONESIA
Pecah Kongsi Hafidz-Bayu di Pilkada Rembang
Bakal calon kepala daerah Rembang Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto mengalami pecah kongsi. Padahal mereka ada petahana di Pilkada Rembang.
Bayu Adriyanto ketika membacakan surat terbuka mengundurkan diri menjadi bakal calon wakil Bupati mendampingi Abdul Hafidz. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Sempat mendaftarkan diri, Bayu Andriyanto akhirnya mencabut pendaftarannya dalam penjaringan calon Wakil Bupati pendamping Abdul Hafidz dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Alhasil pasangan petahana Hafidz–Bayu dipastikan pecah kongsi pada Pilkada Rembang mendatang.

"Saya menyatakan akan mencabut pendaftaran saya sebagai bacawabup pada DPC PPP Kabupaten Rembang," kata Bayu didampingi sang istri, Jumat, 17 Juli 2020.

Saya telah mendapat informasi yang cukup dan dapat dipercaya bahwa saya tidak dikehendaki untuk mendampingi beliau pada perhelatan politik di tahun ini.

Kepada awak media, melalui surat terbuka Bayu menyampaikan alasan pencabutannya sebagai bakal calon wakil Bupati mendampingi Abdul Hafidz karena ada informasi yang menyebut bahwa Bayu sudah tidak lagi dipilih oleh Abdul Hafidz sebagai pendamping. Informasi, ia terima menurutnya cukup bisa dipercaya.

Baca juga:

“Saya telah mendapat informasi yang cukup dan dapat dipercaya bahwa saya tidak dikehendaki untuk mendampingi beliau pada perhelatan politik di tahun ini,” ucapnya.

Dirinya menyayangkan adanya kondisi pecah kongsi ini. Pasalnya, telah ada komitmen dengan kubu Abdul Hafidz sejak awal, yakni pasangan 2 periode.

“Perlu saya sampaikan di sini, bahwa salah satu komitmen kami bersama adalah menjaga kekompakan koalisi sampai 2 periode. Saya sepakat dan menyadari sepenuhnya pentingnya komitmen tersebut untuk menjaga keberlangsungan pembangunan Kabupaten Rembang," ucap dia.

Hanya saja, dinamika politik yang terjadi memunculkan gambaran bahwa koalisi Hafidz-Bayu diujung tanduk. "Saya menyadari kehendak tersebut adalah hak sepenuhnya Bapak Abdul Hafidz," tuturnya.

Terkait pencabutan berkas pendaftaran secara resmi, lanjut dia, baru akan dilakukan di kemudian hari. Termasuk deklarasi pasangan calon yang akan diusung dari pihak Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Rembang.

“Selamat bertemu dalam Pilkada Kabupaten Rembang 2020 yang bermartabat dan mari berjuang untuk Rembang yang lebih baik,” ujarnya.

Tidak lupa dirinya juga mengucap terima kasih atas segenap dukungan dari berbagai lapisan masyarakat hingga berbuah kemenangan pada Pilkada Rembang 2015 kala itu.

"Saya tidak akan mengorbankan perasaan masyarakat dan Kabupaten ini hanya untuk ego pribadi yang tidak beralasan," ucapnya. []

Berita terkait
Pekerja Seni di Rembang Resmi Diizinkan Pentas Lagi
Kabar gembira bagi pekerja seni di Rembang. Mereka boleh pentas lagi, asal ada izin dan patuhi protokol kesehatan.
Pantai KJB Rembang Masih Tutup, Wisatawan Kecele
Wisata pantai Karangjahe Beach (KJB) Rembang belum dibuka untuk umum. Informasi KJB dibuka pada 14 Juni 2020 adalah tidak benar.
Harga Anjlok, Pemasok Lobster di Rembang Gigit Jari
Seorang pemasok lobster asal Rembang harus merugi karena turunnya harga jual lobster. Apa penyebab harga lobster di Rembang?
0
Bupati Tapsel Diduga Dampingi Kampanye Cabup Dolly Pasaribu
Beredar foto di Facebook diduga Bupati Tapanuli Selatan mendampingi calon Bupati Dolly PP Pasaribu melakukan tatap muka dengan warga.