PDIP Tagih Janji Amien Rais Jalan Kaki dari Yogyakarta ke Jakarta

Politikus PDIP Dewi Tanjung belum lama ini mengungkit agar pendiri PAN Amien Rais menepati janjinya jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta.
Politikus PDIP Dewi Tanjung belum lama ini mengungkit agar pendiri PAN Amien Rais menepati janjinya jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. (Foto: Tagar/Morteza)

Jakarta - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Dewi Tanjung belum lama ini mengungkit agar pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais berani menepati janjinya pada Pilpres 2014 lalu, yakni harus berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. 

Pemilik nama asli Dewi Ambarwati itu menilai perbuatan dan perkataan Amien Rais tidak pantas dipercaya, karena hingga kini tak kunjung melaksanakan janji yang keluar dari mulutnya. 

Janji adalah utang dan wajib ditepati. Amien Rais laki-laki tua yang selama ini juga salah satu pembuat kegaduhan di negara ini.

Diduga, emosi Dewi pecah lantaran eks Ketua MPR itu sempat meminta kepada Presiden Joko Widodo, agar tidak melakukan politik yang memecah belah bangsa. Dia juga menawarkan kepada Jokowi untuk melakukan rekonstruksi ulang negara atau mundur dari jabatannya. 

Baca juga: 6 Laskar FPI Tewas, Amien Rais Ingin TGPF dan Bebaskan Habib Rizieq

"Ingat Amien Rais sekali lagi, kalau Anda tidak mampu memenuhi janji Anda berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta, saya sarankan sebaiknya Anda meminta maaf kepada bapak Jokowi, karena Anda sudah selalu membuat gaduh negara ini," cuit akun @DTanjung15 dilihat Tagar, Sabtu, 26 Desember 2020.

Dewi TanjungCaleg PDIP Dewi Tanjung berpose saat berada di Polda Metro Jaya. (Foto: Twitter/_AyuMahesa

"Anda salah satu manusia yang membuat gaduh dengan statement-statement Anda yang enggak jelas itu, yang tidak berkualitas," ujar dia lagi.

Diucap Dewi, Amien Rais hanya memiliki dua pilihan. Menunaikan janji jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta atau meminta maaf kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia.

"Nyai menagih janji kepada Amien Rais. Janji adalah utang dan wajib ditepati. Amien Rais laki-laki tua yang selama ini juga salah satu pembuat kegaduhan di negara ini," kata dia dalam unggahan yang diposting tanggal 20 Desember 2020 tersebut.

Baca juga: Ruhut Sitompul Ingatkan Amien Rais Sudah Bau Tanah

Ruhut SitompulPolitisi PDI Perjuangan Ruhut Sitompul menyebut PKI, HTI dan FPI terlarang di Indonesia. (foto: gesuri.id).

Bukan hanya Dewi Tanjung yang nampak kesal dengan Amien Rais. Terpisah, Ruhut Sitompul mengingatkan kepada mantan Ketua MPR itu agar tidak perlu repot-repot terlalu mencampuri urusan politik kenegaraan di usianya yang sudah uzur.

"Amien Rais ke laut saja, sudah bau tanah masih ngebacot siapa kau?" cuitnya melalui akun Twitter @ruhutsitompul dilihat Tagar, pada Sabtu, 19 Desember 2020.

Sosok yang tenar berkat akting memerankan tokoh Poltak Raja Minyak itu menegaskan, Presiden Joko Widodo merupakan pemimpin yang secara jelas memenangkan Pilpres 2019, mengalahkan Prabowo Subianto yang saat ini sudah duduk menjadi Menteri Pertahanan RI.

Ruhut maukan, Amien Rais bisa menjaga sikap saat mengomentari kiprah orang nomor satu di RI.

"Ingat Pak Joko Widodo Presiden RI Periode 2 yang legal hasil Pemilu Presiden secara langsung, tolong belajar sopan santun kalau berkomentar MERDEKA," kata Ruhut.

Amien RaisAmien Rais. (Foto: Tagar/Instagram/amienraisofficial)

Sebelumnya, Amien Rais meminta kepada Presiden Joko Widodo agar tidak melakukan politik yang memecah belah bangsa. Dia juga menawarkan kepada Jokowi untuk melakukan rekontruksi ulang negara atau mundur dari jabatannya.

Amien juga meminta kepada presiden untuk tidak memberikan angin segar bagi komunisme.

"Jadi saya cuma akan mengatakan, pertama pada pak Jokowi, saya dan teman-teman mengharapkan supaya segera selesai, tidak lagi melakukan politik yang akhirnya itu sesungguhnya memecah atau membelah bangsa kita," kata Amien di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Desember 2020.

"Tapi kalau tidak mundur, tolong lakukan rekonstruksi ulang ya, supaya semua kelemahan yang kita tunjukkan itu diakhiri. Kalau masih mau ini membuka lembaran baru," kata Amien Rais. []

Berita terkait
PAN Menolak Pakai Kantor Punya Amien Rais
Wasekjend Soni Sumarsono memyebut kantor DPW PAN dipersiapkan untuk Pantai Ummat. Tapi pernyataan itu dibantah, faktanya PAN menolak memakainya.
Pengamat Sebut Amien Rais Belum Tentu Merapat Partai Masyumi
Ujang Komarudin menilai politisi senior Amien Rais belum tentu merapat ke Partai Masyumi baru.
Amien Rais Serahkan Surat Desakan Pembebasan Habib Rizieq
Amien Rais menyerahkan surat pernyataan kesiapan menjadi penjamin Habib Rizieq kepada Kapolri Jenderal Idham Azis pada Kamis, 17 Desember 2020.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.