UNTUK INDONESIA
Pasien PDP Covid-19 di Aceh Meninggal Dunia Lagi
Sejauh ini, sudah 2 pasien PDP Covid-19 yang meninggal dunia di RSUDZA Aceh. Tetapi keduanya juga belum keluar hasil pemeriksaan laboratorium.
Petugas medis simulasi memindahkan pasien ke ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat, 13 Maret 2020. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto/ama)

Banda Aceh - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kembali meninggal dunia, Rabu, 25 Maret 2020.

Direktur RSUD Zainal Abidin, Azharuddin membenarkan kabar adanya pasien PDP terkait corona yang meninggal dunia di RSUDZA.

Kata Azharuddin, pasien tersebut juga memiliki riwayat perjalanan ke negeri jiran Malaysia, yang saat ini juga termasuk negara terjangkit Covid-19.

"Iya baru pulang dari Malaysia, sakit, PDP, kita rawat, meninggal dunia," ucap Azharuddin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 25 Maret 2020 malam.

Azharuddin menuturkan, untuk hasil swap pasien PDP yang meninggal ini sudah dikirimkan pihak rumah sakit ke Balitbang Kementerian Kesehatan RI untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.

"Kita tinggal tunggu hasil dari Balitbang Kemenkes RI, karena memang gajalanya sesuai, kita kirim swap nya. Pasien sudah meninggal, kita tunggu hasilnya," ujarnya.

Iya baru pulang dari Malaysia, sakit, PDP, kita rawat, meninggal dunia.

Azharuddin mengatakan, almarhum sempat dirawat di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUD Zainal Abidin sekitar tiga hari sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Tetapi, Azharuddin belum menjelaskan secara rinci terkait pasien PDP yang meninggal tersebut. Seperti daerah kabupaten asal dan waktu meninggal. Namun yang dapat dipastikan, pasien adalah orang Aceh.

Sejauh ini, sudah 2 pasien PDP Covid-19 yang meninggal dunia di RSUDZA. Tetapi keduanya juga belum keluar hasil pemeriksaan laboratorium Balitbang Kemenkes RI, apakah positif atau negatif.

Baca juga: Pasien PDP Corona di Aceh Meninggal Dunia

Sebelumnya, pasien PDP terkait virus corona yang dirawat di RSUD Zainal Abidin juga sudah ada yang meninggal dunia, Senin, 23 Maret 2020, sekitar pukul 12.45 WIB.

Pasien yang meninggal pertama ini bekerja di Lhokseumawe, sempat dirawat di RS Arun Lhokseumawe pada 17 Maret 2020. Sebelumnya, almarhum dikabarkan juga punya riwayat perjalanan dinas dari Surabaya dan Bogor. []

Berita terkait
Pemilik Usaha di Aceh Diminta Sediakan Cuci Tangan
DPRK Nagan Raya meminta kepada seluruh pemilik usaha, penginapan atau perhotelan agar menyediakan cairan pembersih tangan.
Corona, ASN Kemenag Aceh Disuruh Kerja di Rumah
Selain meliburkan aktivitas belajar mengajar Kemenag Aceh juga mewajibkan ASN bekerja di rumah.
Rincian Daerah Penyumbang ODP Covid-19 di Aceh
Dinas Kesehatan Aceh merincikan data yang masuk atau berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.