Pasar Kenari, Destinasi Baru Pecinta Buku di Jakarta
Warga Jakarta kini memiliki destinasi baru yang menawarkan beragam buku. Letaknya Pasar Kenari. Lokasinya nyaman.
Ilustrasi buku. (Foto: Instagram/@kbs230515)

Jakarta - Warga Jakarta kini memiliki toko buku murah bernama Jakbook. Letaknya berada di lantai tiga Pasar Kenari, Salemba, Jakarta Pusat. Di lokasi sama, kios-kios penjual buku lain juga memenuhi Pasar Kenari.

Layaknya mall, Pasar Kenari dilengkapi dengan pendingin ruangan. Terdapat juga ruang baca yang dilengkapi tempat duduk, ada juga lesehan di atas rumput imitasi.

Tak perlu khawatir dengan terbatasnya buku yang dijual, di pasar modern ini terdapat 65 kios pedagang buku yang sebelumnya menempati Pasar Senen dan Kwitang. Puluhan kios itu dibuka bersamaan dengan peresmian Jakbook oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada April 2019.

Meski terbilang modern, pasar Kenari memang terlihat seperti pasar tradisional yang lengang. Namun, suasana berbeda dapat dilihat ketika naik ke lantai tiga. Tumpukan buku di rak tertata rapi dengan udara yang sejuk dan bersih.

Di lantai tiga Pasar Kenari yang menjajakan buku, menariknya kerap dimeriahkan diskon hingga 25 persen untuk buku, dan 10 persen untuk alat tulis kantor (ATK). 

Bagi Anda pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP), potongan harga untuk pembelian buku juga diterapkan sebesar 5-10 persen. Sedangkan untuk buku kedokteran juga dibanderol dengan harga diskon di bawah 10 persen. Pemberian diskon sesuai dengan tagline pasar ini, Buku Murah Setiap Hari.

Koleksi buku yang dijual di Jakbook lengkap berbagai kategori, mulai dari buku pelajaran tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Selain penjual buku, tampak juga sejumlah arena yang didesain untuk pengunjung. Contohnya papan kayu yang bisa diduduki, rumput sintesis hingga area khusus untuk pecinta kopi.

Wisata Buku di Pasar Kenari tentu bisa jadi pilihan tempat wisata di Jakarta yang baru. Kalau penasaran, tentunya traveler bisa datang langsung ke sana. Kalau naik Bus TransJakarta, halte bus terdekat adalah halte UI Salemba. 

Baca juga: 

Berita terkait
Musisi Ramai-Ramai Curhat soal Buku di MocoSik 2019
Perhelatan akbar bagi pecinta buku dan musik kembali digelar Yogyakarta. MocoSik Festival 2019 akan diadakan di Jogja Expo Center.
Romo Magnis: Kegiatan Razia Buku Itu Bodoh
Razia buku yang mereka anggap kiri tersebut menurut Romo Magnis adalah bukti konkret kebodohan yang masih mendera orang Indonesia.
Garin Nugroho: Razia Buku Komunisme Bikin Kacau Hukum
Sutradara film Garin Nugroho menyebut razia buku mengandung faham Marxisme, Leninisme dan Komunisme bikin kacau hukum di Indonesia.
0
Membuat Kabin Mobil Tetap Harum
Banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil sambil mengemudi terlebih bagi seseorang yang mobilitasnya tinggi.