Pakar: Karakter Politik Mahfud MD Berdasarkan Tanggal Lahir

Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menjelaskan karakter politik yang dimiliki Mahfud MD berdasarkan tanggal lahir jika maju di Pilpres 2024.
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD (Foto: Tagar/JPNN)

Jakarta – Menteri koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukum RI) Mahfud MD sedang ramai di perbincangkan dan diprediksi akan menjadi salah satu kandidat yang maju saat Pilpres 2024 mendatang.

Berdasarkan hal ini, Pakar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati, menjelaskan karakter politik Mahfud MD berdasarkan tanggal lahirnya, yaitu 13 Mei 1957. 

Ia mengatakan bahwa Mahfud MD memiliki karakter seperti seorang narator, yaitu ketika ia berbicara akan banyak di dengar oleh banyak orang dan terlihat Mahfud memiliki wawasan yang cukup luas.


Karena pengalaman politiknya maka Mahfud MD sendiri sudah kaya dalam bidang politisnya dan mampu mengangkat dirinya sebagai seorang calon Presiden atau Wapres.


Dalam pandangan Wasisto, Mahfud MD memiliki pengalaman karir di bidang politik cukup panjang, yaitu ia pernah menduduki jabatan politik di tiga level pemerintahan. Mahfud MD pernah menjadi anggota DPR pada tingkat legislatif, pernah menjadi menteeri di tingkat eksekutif, dan pernah menjadi hakim MK di tingkat yudikatif. 

“Karena pengalaman politiknya maka Mahfud MD sendiri sudah kaya dalam bidang politisnya, dan mampu mengangkat dirinya sebagai seorang calon Presiden atau Wapres," ujar Wasisto saat diwawancarai di kanal YouTube Tagar TV, Rabu, 9 Juni 2021, yang dilihat Senin 14 Juni 2021.

Namun, kata Wasisto, Mahfud MD belum ada kedekatan dirinya dengan Nahdlatul Ulama (NU), dimana ini akan menjadi fokus penting bagi seorang politisi yang lahir dan besar dikalangan keluarga muslim untuk bisa dekat dengan organisasi terbesar. 

“Kita belum lihat seberapa dekat pak Mahfud dengan NU yang memang belum ada bacaannya sendiri-sendiri," ucapnya.

Ia juga mengatakan rekam jejak Mahfud MD yang melekat di benak masyarakat, yaitu pernah menjadi Menteri Pertahanan yang dulu berawal dari sipil. Ketika Gusdur mengangkat Mahfud MD sebagai Menteri Pertahanan, bahkan kata Wasisto, dirinya terkejut mengapa dirinya yang merupakan warga sipil dipilih menjadi Menteri Pertahanan. 

“Saat ini mungkin yang paling diingat di benak publik adalah saat beliau menjabat di MK yang banyak memutus perusahaan penting, mengurus Pilkada, yudisial review, dan beberapa undang-undang," katanya. 

Ia juga menyampaikan tantangan yang dihadapi Mahfud MD jika ia mengikuti Pilpres 2024, adalah lebih kepada faktor usia yang mungkin membatasi dirinya. 

“Seperti yang kita ketahui usia merupakan problem stigma tersendiri ketika politisi masih menjadi kandidat dalam pemilu," kata Wasisto. 

Tantangan lainnya, lanjut Wasisto, adalah bagaimana Mahfud Md bisa merangkul kembali basis-basis NU untuk menaikkan namanya kembali. []

(Selfiana)

Berita terkait
Mahfud: Revisi UU ITE Hapus Hukum Pembuat Konten Asusila
Menko Polhukam Mahfud mengatakan pemerintah menghapus ketentuan pidana pembuat konten asusila dalam revisi UU ITE tentang informasi dan transaksi.
Mahfud Tak Ikut Campur Pasal Penghinaan Presiden di RKUHP
Menko Polhukam Mahfud MD tidak pernah ikut campur dalam rencana pemerintah menghidupkan kembali pasal penghinaan presiden dalam draf RKUHP.
Mahfud MD: Dari Dulu KPK Memang Hendak Dirobohkan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan dari dulu KPK memang hendak diruntuhkan melalui aturan undang-undang.
0
Partai PSI Buka Suara Soal Figur yang Cocok Jadi Capres 2024
Kader PSI Faldo Maldini menyampaikan pendapatnya terkait figur yang cocok untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024 dengan beberapa kriteria.