UNTUK INDONESIA
OTT KPK Wahyu Setiawan, DPR Minta KPU Fokus Pilkada
Selepas Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditangkap KPK, DPR mengimbau agar KPU tetap fokus dalam mempersiapkan Pilkada serentak 2020.
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. (Foto: Antara/Dyah Dwi)

Jakarta - Selepas Komisioner KPU Wahyu Setiawan terjaringnya operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Ketua Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi mengimbau agar KPU tetap fokus dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Urusannya anggota KPU terima suap untuk apa? Karena secara teknis KPU, tidak lagi menangani pemilu, hanya supervisi Pilkada.

"Sebaiknya para komisioner KPU fokus menjalankan tugas penyelenggaraan Pilkada 2020, sebagaimana perintah UU," kata Baidowi di Jakarta, Rabu 8 Januari 2020, dikutip dari Antara.

Menurut dia, permintaannya tersebut karena penyelenggaraan Pilkada 2020 menjadi pertaruhan bagi perjalanan demokrasi Indonesia karena akan dilaksanakan di 270 daerah.

Selain itu Baidowi mengaku prihatin sekaligus kaget atas kasus terduga komisioner KPU Wahyu Setiawan yang jaring OTT KPK. "Urusannya anggota KPU terima suap untuk apa? Karena secara teknis KPU, tidak lagi menangani pemilu, hanya supervisi Pilkada," ujarnya.

Menurut dia, kalau Wahyu ditetapkan menjadi tersangka maka harus diberhentikan sebagai komisioner KPU dan dirinya menyarankan agar menunggu pengumuman resmi KPK.

Di sisi lain dia juga apresiasi kerja KPK dalam OTT tersebut, di tengah keraguan publik atas pimpinan baru.

Seperti diketahui Wahyu Setiawan diagendakan ke Bangka Belitung dalam rangka sosialisasi KPU ditangkap KPK pada Rabu 8 Januari 2020. OTT tersebut dikabarkan digelar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ketua KPK Firli Bahuri ketika dikonfirmasi membenarkan seorang Komisioner KPU tertangkap OTT KPK lantaran diduga menerima suap. Firli tak menjelaskan secara detail terkait sosok yang ditangkap KPK. Adapun Komisioner KPU yang dimaksudkan, kata dia, berinisial WS,

"Komisioner KPU atas nama WS," ucap Firli kepada Tagar, Rabu, 8 Januari 2020. []

Berita terkait
Ketua KPU Janji ke KPK Buka Info Soal Wahyu Setiawan
Ketua KPU Arief Budiman berjanji tidak akan menutup-nutupi informasi yang dibutuhkan KPK demi kepentingan penyelidikan Wahyu Setiawan.
OTT KPK, Ketua KPU: Wahyu Setiawan Tugas ke Belitung
Terjaring OTT KPK, Wahyu Setiawan sepatutnya melaksanakan tugas dalam lingkup berkegiatan KPU di Bangka Belitung.
Komisioner KPU Wahyu Setiawan Kena OTT KPK
KPK kembali melakukan OTT terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang diduga menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.