UNTUK INDONESIA
Ketua KPU Janji ke KPK Buka Info Soal Wahyu Setiawan
Ketua KPU Arief Budiman berjanji tidak akan menutup-nutupi informasi yang dibutuhkan KPK demi kepentingan penyelidikan Wahyu Setiawan.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020. (Foto: Tagar/Moh Ainul Yaqin)

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berjanji tidak akan menutup-nutupi informasi yang dibutuhkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) demi kepentingan penyelidikan kasus dugaan rasuah yang melibatkan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Pilkada tetap jalan sesuai tahapan yang sudah tersusun.

Arief mengaku akan memberikan semua informasi yang diperlukan KPK sesuai dengan ketentuan.

"Respons KPU akan tetap bekerja sama, prinsip terbuka. Jadi kalau KPK membutuhkan keterangan, data, atau apapun dari KPU kami sangat terbuka," ujar Arief di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

Alumni Universitas Airlangga itu juga memastikan proses pelaksanaan Pilkada serentak 2020 tidak akan terganggu oleh kasus Wahyu. Semua progres yang telah disusun akan tetap berjalan sesuai dengan jadwal. "Pilkada tetap jalan sesuai tahapan yang sudah tersusun," kata dia.

Untuk menghindari kekosongan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Wahyu Setiawan sebagai Kepala Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU selama diperiksa KPK, Arief telah mengambil tindakan. Dia menyebut, posisi Wahyu akan dijalankan wakil divisi.

"Sudah ada, setiap divisi ada, wakil divisi nanti itu yang akan menjalankan," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menangkap Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor). OTT tersebut dikabarkan digelar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 8 Januari 2020.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan seorang Komisioner KPU tertangkap OTT KPK lantaran diduga telah menerima suap. Firli tak menjelaskan secara detail terkait sosok yang ditangkap KPK. Adapun Komisioner KPU yang dimaksudkan, kata dia, berinisial WS.

"Komisioner KPU atas nama WS," ucap Firli kepada Tagar, Rabu, 8 Januari 2020. []

Berita terkait
OTT KPK, Ketua KPU: Wahyu Setiawan Tugas ke Belitung
Terjaring OTT KPK, Wahyu Setiawan sepatutnya melaksanakan tugas dalam lingkup berkegiatan KPU di Bangka Belitung.
Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK, ICW: Kontribusi Firli?
Peneliti ICW mempertanyakan operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah belum tentu kontribusi KPK era Firli Bahuri.
OTT KPK Sidoarjo, 3 Orang Digiring ke Mapolda Jatim
KPK melakukan OTT di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak tiga orang dibawa KPK ke Mapolda Jatim.
0
Cari Daun Randu, Tukang Las di Kediri Tewas Kesetrum
Tukang las di Kediri tewas kesetrum setelah secara tidak sengaja menyentuh kabel listrik saat akan memangkas pohon randu.