Newcastle United Dibeli Arab Saudi Jadi Klub Terkaya di Inggris

Setelah pengambilalihan yang didukung Arab Saudi kepemilikan 14 tahun Mike Ashley berakhir
Newcastle United menjadi klub terkaya di Liga Inggris setelah pengambilalihan yang didukung Saudi (Foto: marca.com)

Oleh: JAIME RINCÓN diadaptasi oleh PANOS KOSTOPOULOS

Newcastle United resmi menjadi klub terkaya di dunia setelah Arab Saudi Public Investment Fund (PIF) mengakhiri 14 tahun kepemilikan Mike Ashley dengan membeli klub Liga Inggris tersebut.

PIF akan memberikan sebagian besar dari jumlah pengambilalihan 300 juta pound untuk mengubah Newcastle menjadi klub terkuat secara finansial di Inggris, karena kekayaan dana 320 miliar euro hampir 11 kali lebih banyak daripada Sheikh Mansour dari Manchester City.

nilai klub2 eropaKekayaan klub-klub sepak bola Eropa (Foto: marca.com)

Yasir Al-Rumayyan akan menjadi presiden eksekutif klub, dengan pengambilalihan ini mendapat dukungan dari fans Newcastle, yang turun ke jalan untuk merayakan kepergian Ashley.

fan newcastle rayakan modal arabBeginilah cara penggemar Newcastle merayakan pembelian klub dengan dana Arab Saudi: seolah-olah itu adalah gelar! (Foto: marca.com)

Setahun yang lalu, Liga Premier tidak menyetujui pembelian Newcastle oleh PIF karena perselisihan antara Arab Saudi dan beIN Sports, yang memiliki hak TV untuk kompetisi di negara tersebut, karena saluran tersebut mengklaim bahwa negara tersebut berada di belakang siaran bajak laut yang secara ilegal mentransmisikan game selama bertahun-tahun.

Namun, Liga Premier mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Arab Saudi tidak akan terlibat dalam pengelolaan klub dan memberi lampu hijau untuk pengambilalihan itu terjadi.

Newcastle saat ini duduk di urutan kedua terbawah dalam tabel liga setelah hanya meraih tiga poin dari tujuh pertandingan pembukaan mereka (marca.com). []

Uang Sheikh Arab di Manchester City

Man City Sebut Tuduhan UEFA Keliru dan Politis

Emir Qatar Tamim Bin Hamad Al-Thani Pemegang Kunci Terkait Mbappe

Prediksi Laga PSG vs Manchester City di Liga Champions

Berita terkait
Lionel Messi: Saya Tidak Melakukan Kesalahan Pergi ke PSG
Lionel Messi buka-bukaan dalam sebuah wawancara dengan majalah sepak bola Prancis, France Football
0
Newcastle United Dibeli Arab Saudi Jadi Klub Terkaya di Inggris
Setelah pengambilalihan yang didukung Arab Saudi kepemilikan 14 tahun Mike Ashley berakhir